Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zero ODOL di Penyeberangan Hambat Mobilitas Antarpulau

Catatan utamanya yakni harus melalui proses sosialisasi pelarangan ODOL di pelabuhan sebelum implementasi penuh.
Ilustrasi Truk. Bisnis/Abdullah Azzam
Ilustrasi Truk. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menilai pelarangan truk obesitas di pelabuhan penyeberangan berisiko menghambat kendaraan yang melintas antarpulau.

Wakil Ketua Aptrindo Kyatmaja Lookman mengatakan larangan truk over dimension over load (ODOL) di penyebrangan itu tentunya akan menghambat kendaraan yang mau melintas khususnya yang ke luar pulau.

"Truk-truk penyeberangan ini [biasanya] overload juga, banyak yang ODOL," jelasnya kepada Bisnis.com, Selasa (25/2/2020).

Namun, lanjutnya, kalau mau ditindak di penyeberangan tentu akan mengurangi juga pelanggaran truk oebsitas di daratnya. Catatan utamanya yakni harus melalui proses sosialisasi baik-baik di pelabuhan sebelum implementasi penuh.

Di sisi lain, dia mengaku kecewa dengan adanya perpanjangan dispensasi bagi pelanggar ODOL dari target 2021 menjadi 1 Januari 2023.

Pasalnya, jika bicara aturan jelas sekali bahwa kelebihan muatan merupakan pelanggaran. Jadi, selama ini permasalahannya bukan aturan yang tak jelas tapi penegakannya yang bermasalah.

"Bukan aturannya yang tidak jelas aturannya jelas sekali, tapi penegakkan hukumnya yang bermasalah, belum bisa menjangkau semua. Kalau setengah-setengah akhirnya masih ada praktek pelanggaran di tempat lain dan odol tidak akan bisa tuntas diselesaikan," paparnya.

Kyatmaja menilai seharusnya permasalahan penegakan hukum itu tidak ada dispensasi apalagi ODOL yang berkaitan dengan keselamatan bersama dan semua harus diberlakukan sama di seluruh wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper