Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tower SUTT Rembang Roboh, PLN Targetkan Listrik Normal Secepat Mungkin

Disinyalir tower yang berlokasi di Desa Kabongan Kidul, Kabupaten Rembang ini roboh akibat hujan berkepanjangan.
Tower SUTT milik PLN yang roboh di Rembang./Istimewa
Tower SUTT milik PLN yang roboh di Rembang./Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Salah satu infrastruktur kelistrikan yang terdampak cuaca ekstrem di Jawa Tengah adalah tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) milik PLN.

Pada Selasa, (25/2/2020) sekitar pukul 23.26 WIB, Tower No. 67 SUTT 150 kV Rembang-Pati dan Rembang-PLTU Rembang mengalami gangguan akibat perubahan struktur tanah. 

Akibat kejadian tersebut, listrik sejumlah wilayah di Kabupaten Rembang dan Blora padam. Wilayah yang terdampak di Kabupaten Rembang antara lain Kecamatan Gunem, Pancur, Sarang, Sluke, Sumber, Kragan, Pamotan, Sedan, Kaliori (sebagian), Lasem (sebagian), Rembang (sebagian), dan Sulang (sebagian). 

Sedangkan, di Kabupaten Blora wilayah yang terdampak antara lain Kecamatan Todanan, kunduran, Japah, Ngawen, Banjarejo, Randublatung, Doplang, Jati, Blora Kota (sebagian), Tunjungan (sebagian), Jepon (sebagian), Cepu (sebagian), dan Kedungtuban (sebagian).

Disinyalir tower yang berlokasi di Desa Kabongan Kidul, Kabupaten Rembang ini roboh akibat hujan berkepanjangan, sehingga kekuatan struktur tanah sebagai penyangga pondasi tower berkurang karena genangan air.

Menurut Senior Manager General Affairs PLN Distribusi Jateng & DIY, Elly Oktaviani Ciptati, pihak PLN sudah melakukan upaya pernormalan yaitu dari sisi distribusi listrik PLN, sedang mengupayakan manuver jaringan 20 kV untuk meminimalisir dampak akibat gangguan, sehingga masyarakat terdampak tidak mengalami padam listrik terlalu lama.

Sementara itu, tim dari transmisi mengerahkan 75 personel gabungan dari Rembang, Kudus, dan Semarang untuk melakukan recovery tower yang roboh.

“Fokus kami adalah mengamankan warga serta menyalakan listrik ke pelanggan secepat mungkin, dan kami memohon maaf kepada masyarakat yang terdampak padam listrik akibat kejadian ini,” katanya melalui siaran persnya yang diterima Bisnis, Rabu (26/2/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper