Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Tol BORR Seksi 3A Siap Layani Pemudik saat Lebaran 2020

Jalan tol BORR seksi 3A rencananya akan beroperasi fungsional dan siap dilintasi para pemudik pada saat Lebaran nanti.
Sejumlah kendaraan melintas di tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/1/2020)./ ANTARA - Arif Firmansyah
Sejumlah kendaraan melintas di tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/1/2020)./ ANTARA - Arif Firmansyah

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui anak usahanya PT Marga Sarana Jabar tengah menggenjot pembangunan jalan tol Lingkar Luar Bogor atau Bogor Ring Road (BORR) seksi 3A Yasmin-Semplak jelang Lebaran 2020. 

Jalan tol BORR seksi 3A sepanjang 2,85 kilometer itu rencananya akan beroperasi fungsional dan siap dilintasi para pemudik pada saat Lebaran nanti. 

Marketing & Communication Department Head PT Jasa Marga Tbk. Regional Jabodetabek Jabar Irra Susiyanti mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih berupaya untuk mempercepat proses pembangunan ruas tol tersebut. 

“Kami optimistis jelang Lebaran nanti progress konstruksinya sudah bisa 100 persen dan bisa beroperasi fungsional,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (17/2/2020). 

Selama dioperasikan secara fungsional, Ira menyatakan pihaknya juga akan menyediakan rest area mini dan area untuk isi ulang saldo uang elektronik (e-money). 

Hingga awal Februari progress pembangunan jalan tol BORR Seksi 3A telah mencapai 83%, sedangkan untuk progress pembebasan lahannya sudah mencapai 90%. 

Sebelumnya, Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Atmodjo menyatakan bahwa pengerjaan konstruksi jalan tol ini yang paling berat adalah pemasangan total 2.166 box girder.

Sejak September 2019, hingga awal Februari kemarin, Hendro mengungkapkan jumlah box girder yang telah terpasang mencapai 1.349 atau 62 persen dari total box girder yang harus dipasang. 

Hendro optimistis, pembangunan jalan tol BORR seksi 3A dapat rampung pada Maret 2020 karena saat ini pengerjaannya dikebut selama hampir 24 jam setiap harinya.

Sementara itu, Jalan Tol BORR dibagi menjadi sejumlah seksi dengan panjang total 12 km dengan rincian seksi 1 Sentul - Kedunghalang sepanjang 3,85 kilometer yang dioperasikan sejak November 2019.

Kemudian, seksi 2A Kedunghalang - Kedungbadak sepanjang 1,95 kilometer telah beroperasi pada Mei 2014. Seksi 2B Kedungbadak - Simpang Yasmin sepanjang 2,65 kilometer beroperasi pada Juni 2018.

Selanjutnya, seksi 3A Simpang Yasmin – Simpang Semplak sepanjang 2,85 kilometer ditargetkan beroperasi pada tahun ini, sedangkan seksi 3B Semplak – Junction Salabenda sepanjang 1,01 kilometer direncakan akan beroperasi pada 2024.

Apabila sudah beroperasi penuh, jalan tol BORR akan mengurangi kepadatan lalu lintas di Kota Bogor, terutama di Jalan Sholeh Iskandar. Jalan tol BORR juga diharapkan dapat memperlancar mobilisasi masyarakat dan ekonomi Bogor sebagai kota penyangga Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper