Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LMAN Salurkan Rp47,9 Triliun untuk Pengadaan Lahan 72 PSN

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Manajemen Aset Negara telah menyalurkan pendanaan  untuk pengadaan lahan 72 Proyek Strategis Nasional dengan nilai total Rp47,9 triliun hingga Februari 2020.

Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMA) Qoswara mengatakan sejak 2016 sampai dengan 7 Februari 2020 dana yang telah disalurkan untuk pengadaan lahan 72 Proyek Strategis Nasional (PSN) mencapai Rp47,9 triliun untuk 73.580 bidang seluas 113 juta meter persegi.

"Ada Rp47,9 triliun yang sudah kami bayarkan sampai dengan Jumat minggu lalu, Penyaluran dana itu dibagi untuk jalan tol, bendungan, kereta api, pelabuhan, dan irigasi, totalnya ada 72 PSN," ujarnya, Jumat (14/2/2020).

Dia menambahkan dari tahun anggaran 2016-2019, LMAN memiliki alokasi total pendanaan untuk pengadaan lahan PSN sebesar Rp91,203 triliun.

Berdasarkan Data LMAN, rinciannya yaitu alokasi untuk jalan tol Rp71,35 triliun untuk 62 PSN. Kemudian, alokasi Rp13,50 triliun untuk bendungan dengan 38 PSN, alokasi Rp4,74 triliun untuk 11 PSN Jalur Kereta Api, alokasi Rp900 miliar untuk 1 PSN pelabuhan, dan alokasi Rp697 miliar untuk 4 PSN irigasi.

"LMAN memiliki alokasi Rp91,20 triliun dan yang sudah dibayarkan Rp47,9 triliun,"  jelasnya.

Sebagai informasi, LMAN berperan dalam akselerasi pembangunan infrastruktur Proyek Strategis Nasional sebagai lembaga yang melakukan pembayaran pembebasan lahan.

Dengan pendanaan lahan tersebut, hak milik atas tanah yang digunakan untuk pembangunan PSN beralih kepada pemerintah dengan jaminan kepemilikan berupa sertifikat tanah.

Adapun, sampai dengan 14 Februari 2020, LMAN telah melakukan sertifikasi 5.562 bidang tanah PSN.

LMAN mengklaim telah melaksanakan pendanaan lahan PSN dengan mengupayakan tata kelola yang baik, untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur mulai dari dana yang dikeluarkan hingga penerbitan sertifikasi tanah.

Upaya sertifikasi dilakukan sebagai bentuk legalitas atas pengadaan tanah hasil pembiayaan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur PSN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper