Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi mencatat peningkatan kasus penyalahgunaan penggunan bahan bakar minyak bersubsidi sepanjang 2019.

Berdasarkan data BPH Migas yang dilaporkan pada rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR terdapat 404 temuan kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi di seluruh Indonesia.

Temuan tersebut tercatat meningkat tajam jika dibandingkan dengan temuan kasus penyalahgunaan penggunaan BBM bersubsidi pada 2018 sebanyak 260 kasus.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa menjelaskan bahwa kasus tersebut merupakan penyalahgunaan penggunaan BBM bersubsidi di penyalur. Namun pihaknya tidak menjelaskan secara rinci jenis kasus yang ditemukan tersebut.

“Jadi 404 kasus sedang diproses kasus penyidikan dengan polisi, BPH diminta sebagai saksi ahli, jadi nanti ketahuan, ini dipantau juga dengan BPH Migas,” ujarnya pada Rabu (12/2/2020).

Dia mengatakan bahwa kasus-kasus penyelewengan BBM bersubsidi tersebut menjadi salah satu kontributor membengkaknya kuota BBM bersubsidi, khususnya untuk solar bersubsidi.

Adapun, pada 2019 realisasi penyaluran solar bersubsidi tercatat sebanyak 16,2 juta kilo liter (KL), jumlah tersebut melebihi dari kuota solar bersubsidi yang dianggarkan dalam APBN sebanyak 14,5 juta KL.

Sementara itu, realisasi kuota BBM khusus penugasan jenis premium tercatat sebanyak 11,5 juta kl, melebihi kuota yang ditetapkan APBN sebanyak 11 juta kl. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper