Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR 12 FEBRUARI: Strategi Jaga Ekspor, Zulkifli Hasan ‘Melawan’ Tradisi

Berita mengenai perbaikan kinerja perdagangan dan Ketua Umum PAN di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Rabu (12/2/2020).
Aktivitas bongkar muat peti kemas di terminal peti kemas Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (11/2/2020). Bisnis/ Paulus Tandi Bone
Aktivitas bongkar muat peti kemas di terminal peti kemas Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (11/2/2020). Bisnis/ Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai perbaikan kinerja perdagangan dan Ketua Umum PAN di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Rabu (12/2/2020).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Strategi Jaga Ekspor. Ekspor nonmigas ke negara-negara akreditasi harus dimaksimalkan sebagai strategi perbaikan kinerja perdagangan di tengah sejumlah tantangan yang membayangi pada 2020. Pada tahun lalu, pemerintah menargetkan kontribusi dari negara - negara akreditasi terhadap total ekspor nonmigas sebesar 90,1%.

Regulasi Existing Belum Memadai. Dewan Pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek menyatakan aturan baru Perpres 25/2020 tentang tata kelola BPJS tidak berkaitan dengan masalah di industri asuransi.

Berjuang Menambal Lubang Penerimaan. Pemerintah harus menanggung konsekuensi yang berat sejalan dengan banyaknya insentif yang diberikan dalam Rancangan Undang-Undang tentang Ketentuan dan Fasilitas Perpajakan untuk Penguatan Perekonomian atau Omnibus Law Perpajakan.

Petani China Diminta Tetap Beraktivitas. Pemerintah China menyerukan agar aktivitas industri dan ekonomi di daerah, termasuk pertanian, tetap berlanjut meskipun seluruh negeri tengah berupaya memerangi wabah virus corona.

Industri Topang Ekonomi Jateng. Provinsi Jawa Tengah menyatakan sektor industri bakal menjadi ujung tombak sebagai motor penggerak ekonomi untuk mewujudkan pertumbuhan domestik regional bruto secara bertahap hingga 7% pada 2024.

Zulkifli Hasan ‘Melawan’ Tradisi. Politisi senior Zulkifli Hasan terpilih lagi sebagai Ketua Umum PAN periode 2020—2025. Keterpilihan itu memangkas ‘tradisi’ satu periode untuk jabatan ketua umum di partai berlambang matahari terbit itu.

Bank Antisipasi Risiko Kredit. Penyebaran virus corona yang cukup masif membuat perbankan lebih hati-hati memberikan kredit dan pembiayaan ke sektor yang terkait pariwisata dan memitigasi risiko lebih dini. Sejumlah bankir menyampaikan rasio loan at risk (LaR) atau kredit berisiko berpotensi meningkat, khususnya di sektor pariwisata.

Transaksi Berbiaya Murah Dinanti. Cost payment atau biaya transaksi pembayaran melalui sistem perbankan di Indonesia perlu diturunkan untuk memperluas inklusi keuangan dan mendorong perkembangan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Industri Kayu Siap Pulih? Pelaku usaha menaruh harapan pada perbaikan regulasi demi mendongkrak kinerja industri kehutanan, terutama kayu, yang pada tahun ini masih dibayangi gejolak perekonomian global.

Investasi Minerba Diprediksi Melemah. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memproyeksikan investasi di sektor mineral dan batu bara akan terus merosot mulai tahun ini sampai dengan 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper