Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Stabil, Moody's Pertahankan Peringkat Utang Indonesia Baa2

Peringkat Baa2 artinya surat berharga yang diterbitkan pemerintah Indonesia masuk dalam kategori moderate credit risk dan medium grade, sementara stable outlook menggambarkan posisi rating yang akan stabil dalam beberapa waktu ke depan.
Moody's Investor Service/Bloomberg
Moody's Investor Service/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA--Moody's Investor Service, Senin (10/2/2020) memutuskan untuk tetap mempertahankan peringkat utang bagi Indonesia pada kategori Baa2 dengan outlook stabil atau setara dengan level BBB.

Mengacu pada definisi rating Moody's, peringkat Baa2 artinya surat berharga yang diterbitkan pemerintah Indonesia masuk dalam kategori moderate credit risk dan medium grade. Adapun, stable outlook menggambarkan posisi rating yang akan stabil dalam beberapa waktu ke depan serta menunjukkan risiko yang berimbang.

Penegasan peringkat Baa2 didukung penguatan beberapa faktor, termasuk stabilnya tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia, rendahnya beban utang pemerintah, disiplin fiskal yang konsisten, dan penekanan dan stabilitas makroekonomi.

"Kami berharap reformasi yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk mengurangi kendala struktural ekonomi dan fiskal terus berlanjut, meskipun dilakukan secara bertahap sehingga menunjukkan progres yang relatif lambat dalam beberapa tahun terakhir," tulis Moody's dalam keterangan resmi, Senin (10/2/2020).

Prospek yang stabil (stable outlook) di level Baa2 mencerminkan risiko yang seimbang, khususnya terkait dengan efektivitas reformasi kebijakan. Pasalnya, penundaan atau pembalikan reformasi kebijakan akan berisiko merusak potensi pertumbuhan dan stabilitas makroekonomi di Indonesia. Sebaliknya, pembaruan kebijakan yang efektif dibandingkan prediksi Moody's justru dapat meningkatkan daya saing dan memperkuat posisi eksternal Indonesia.

Surat utang dan deposito A1 atau rupiah tidak berubah atau tetap pada level Baa2. Hal yang sama juga berlaku untuk surat utang dengan mata uang asing (foreign currency bond). Obligasi mata uang asing dan deposito tidak berubah di Prime-2. Level tersebut bertindak sebagai pelindung rating yang dapat ditetapkan sebagai kewajiban entitas lain yang berdomisi di dalam negeri.

Di waktu bersamaan, Moody's juga menegaskan peringkat utang untuk obligasi tanpa jaminan dari program MTN pemerintah yang diterbitkan oleh Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia III pada level Baa2 dan (P) Baa2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper