Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Desa Berlistrik di Aceh Capai 100 Persen, Pertama di Sumatra

Aceh menjadi provinsi dengan desa berlistrik 100% pertama di Sumatra setelah PT PLN (Persero) berhasil memasok kebutuhan listrik Desa Suka Makmur, Kabupaten Aceh Singkil. 
Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Aceh/Rayful Mudassir
Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Aceh/Rayful Mudassir

Bisnis.com, JAKARTA - Aceh menjadi provinsi dengan desa berlistrik 100% pertama di Sumatra setelah PT PLN (Persero) berhasil memasok kebutuhan listrik Desa Suka Makmur, Kabupaten Aceh Singkil. 

Direktur Bisnis Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto mengatakan target PLN pada 2020 adalah memasok kebutuhan listrik lebih dalam hingga ke dusun-dusun. Sebelumnya, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh telah menyelesaikan pembangunan listrik desa sebanyak 6.497 desa yang tersebar di 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh pada 2019.

Adapun total beban puncak PLN UIW Aceh saat ini sebesar 448,43 MW yang dipasok dari sistem 150  kV sebesar 431,9 MW, bersumber dari PLTU Nagan Raya, PLTMG Arun, dan PLTD. Saat ini, Aceh memiliki cadangan energi sebesar 75 MW sehingga sistem kelistrikan di Aceh dalam kondisi cukup aman.

"Capaian ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga dukungan dari semua pemangku kepentingan yang ada di Aceh. Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh, pemerintah daerah, dan seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung PLN dalam mencapai listrik desa 100% di provinsi ini," katanya seperti dikutip dalam keterangan resmi, Jumat (24/1/2020).

Menurutnya, PLN siap menyediakan energi listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan kalangan dunia usaha yang ada di Aceh, termasuk kepada usaha-usaha yang akan dijalankan oleh para investor.

"Kami berharap Pemerintah Aceh untuk dapat terus mengundang investor berinvestasi di Aceh dan PLN siap untuk menyiapkan ketersediaan energi listrik kepada sektor-sektor yang akan diinvestasikan," lanjut Wiluyo.

Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan elektrifikasi desa 100% yang pertama tingkat provinsi untuk pulau Sumatra merupakan sebuah prestasi membanggakan.

Terkait kesiapan PLN, Pemerintah Aceh siap memberikan dukungan dalam meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana yang ada dalam menunjang ketersediaan energi listrik di provinsi berpenduduk sekitar 5 juta jiwa tersebut.

"Akhirnya PLN berhasil melistriki seluruh desa di Aceh. Desa-desa itu umumnya terdapat di kawasan pelosok dengan medan yang cukup sulit, namun berkat kerja keras tim PLN Wilayah Aceh, semua bisa ditaklukkan dan seluruh desa ini mendapat jaringan listrik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper