Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Edhy Janjikan Benih Udang hingga Cold Storage di Kalbar

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menjanjikan ketersediaan benih kepada pembudidaya udang vaname di Mempawah, Kalimantan Barat.
Udang vaname/Antara-Syifa Yulinnas
Udang vaname/Antara-Syifa Yulinnas
Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menjanjikan ketersediaan benih kepada pembudidaya udang vaname di Mempawah, Kalimantan Barat.
 
Janji itu dia sampaikan saat meninjau proses budi daya dan memanen udang vaname secara parsil di Kuala Secapah, Mempawah. Pembudi daya menyampaikan benih udang vaname saat ini masih didatangkan dari Sukabumi. 
 
Edhy mengatakan ke depan benih harus bisa diproduksi di Kalbar. Apalagi, provinsi itu memiliki potensi sangat besar dengan luas wilayah 1,5 kali Pulau Jawa.
 
"Untuk lokasi menghasilkan benih udang ini, terserah di mana akan dibangun. Baik Mempawah maupun lainnya, kami dari KKP siap mendukung," katanya Edhy, seperti dikutip siaran pers, Kamis (9/1/2020).
 
Terkait persoalan solar yang dialami nelayan, Edhy meminta Pemprov Kalbar mendata kebutuhan dan sebarannya sehingga persoalan ini tidak akan ada lagi. Bahkan, KKP juga siap membantu membangun cold storage
 
"Namun, kami data nelayan dan potensinya. Jangan sampai cold storage kosong. Listrik juga harus tersedia," ujar Edhy.
 
Dalam kesempatan itu, dia ikut menebar jala untuk memanen udang bersama para pembudi daya. Lalu, mantan Ketua Komisi IV DPR itu mencoba menikmati langsung udang vaname tanpa dimasak. 
 
Ketika baru diangkat dari tambak, Edhy langsung membelah udang menjadi dua bagian dan memakan isi udang segar itu.
 
Dia mengatakan program pengembangan industri perikanan harus terkoordinasi dengan baik, mulai pemerintah pusat, hingga dan kabupaten. Dia juga mengatakan produktivitas budidaya yang ada saat ini harus ditingkatkan lagi dengan teknologi.
 
"Pengembangan budidaya perikanan darat dan nelayan tangkap tentu kami maksimalkan. APBN sebagai stimulus harus didukung serta sinergi dengan berbagai pihak," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper