Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Tol Cipali Kebanjiran, Ini Hasil Evaluasi Kemenhub

Dia juga berharap pihak pengairan Kementerian PUPR dapat melakukan normalisasi daerah aliran sungai di dekat jalan tol Cipali.
Foto udara jalan tol Cipali kilometer 116 Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Arus mudik di tol Cipali pada H-3 Lebaran terpantau ramai lancar./ANTARA FOTO-Dedhez Anggara
Foto udara jalan tol Cipali kilometer 116 Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Arus mudik di tol Cipali pada H-3 Lebaran terpantau ramai lancar./ANTARA FOTO-Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan segera menginventarisasi permasalahan dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait menyusul banjir di Jalan Tol Cipali (Cikopo - Palimanan) KM 136 yang terjadi pada Selasa (31/1/2019).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyatakan pihaknya meninjau langsung lokasi titik banjir di Jalan Tol Cipali KM 136 pada Rabu (1/1/2020).

"Saya minta pihak LMS [Lintas Marga Sedaya] membangun tanggul sepanjang lebar sungai atau cerukan tersebut, dengan adanya tanggul minimal akan mengurangi limpahan air yang demikian deras seperti kemarin sore," katanya, Rabu (1/1/2020).

Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi bersama dengan pihak operator Tol Cipali yaitu PT Lintas Marga Sedaya dan Polda Jawa Barat, bertempat di Kantor Operasional PT. LMS, Gerbang Tol Subang, Tol Cipali KM 109.

Dia juga berharap pihak pengairan Kementerian PUPR dapat melakukan normalisasi daerah aliran sungai.

Budi meminta agar excavator ditambah jumlahnya agar pekerjaan normalisasi bisa lebih cepat. Kemudian dari pihak Polda Jawa Barat dan Polres Indramayu diminta membuat rencana rekayasa lalu lintas manakala lokasi tersebut ada potensi banjir seperti kemarin.

"Kita harapkan sudah ada rencana pengalihan arus, mungkin sebelum titik banjir, kendaraan bisa keluar tol untuk menghindari banjir, baru kemudian masuk lagi," katanya.

Selain itu, Budi meminta PT LMS memasang CCTV di lokasi tersebut sehingga jika ada kejadian serupa dapat segera dilakukan keputusan cepat untuk penanganan.

"Kalau ada potensi hujan lebat seperti kemarin, patroli yang dilakukan baik oleh PJR maupun petugas, intensitasnya ditingkatkan," ujarnya.

Dia meminta petugas di lapangan terutama Kepolisian dan pihak operator jalan tol, kalau indikasi potensi banjir seperti sebelumnya, ketika airnya mengalir cukup deras, perlu dipertimbangkan kendaraan akan dilewatkan atau diberhentikan.

Menurutnya, perlu dipertimbangkan antara derasnya air dengan kekuatan kendaraan. Permasalahan ini bukan hanya di lokasi banjir tetapi perlu penanganan yang lebih komprehensif, karena itu perlu ada koordinasi lebih lanjut.

Menurut penjelasan pihak operator Tol Cipali, banjir di KM 136 kemarin disebabkan karena adanya curah hujan yang tinggi, di daerah Lasem, hulu Sungai Cilalanang, sehingga air meluap hingga ke jalan, dan juga karena hilir sungai yang menyempit.

Selain itu, karena tidak adanya muara sungai yang memadai, maka aliran air menjadi tidak normal.

Dalam kegiatan tersebut, Budi Setiyadi didampingi Direktur Prasarana Transportasi Jalan Risal Wasal; Direktur Angkutan Jalan, Ahmad Yani; dan Kasubdit Dalops Marwanto Heru Santoso. Hadir pula Dirlantas Polda Jabar Kombespol Eddy Junaidi beserta jajaran, dan pihak operator Tol Cipali, PT. LMS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper