Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belajar Mengelola Sumber Daya Air dari Denmark

Harga air di Denmark boleh dikatakan murah puluhan tahun lalu. Masyarakat sempat menentang ketika Pemerintah Denmark mengambil tindakan dan memutuskan untuk mengenakan tarif air yang lebih tinggi.

Bisnis.com, COPENHAGEN - Siang menjelang sore di awal musim gugur itu, kami tiba di Copenhagen Admiral Hotel, Denmark. Badan sudah tak sabar ingin rebahan di kasur setelah melakukan perjalanan panjang Jakarta-Singapura-Frankfurt-Billund (Denmark)-Copenhagen dalam rangka Grundfos Media Familiarisation Tour.

Masuk kamar yang terletak di lantai 4, saya refleks mencari botol air mineral karena haus. Air mineral biasanya tersedia di kamar hotel. Setelah dicari di meja samping kasur, bahkan ke kamar mandi, saya pun tetap tidak menemukannya.

Kemudian, saya teringat obrolan dengan Special Advisor Water Resources Kementerian Lingkungan Hidup dan Pangan Denmark Kim Madsbjerg sesaat setelah mendarat di Copenhagen sebelum menuju hotel. Akhirnya, saya pun lakukan itu. Haus pun reda.

“Air dapat diminum dari keran di Denmark karena air keran lebih baik daripada air kemasan,” ujarnya.

Faktanya, situasi saat ini sangat berbeda dari 40 tahun yang lalu ketika Denmark menghadapi masalah pencemaran air, sehingga mendorong pemerintah untuk mengambil tindakan tegas atas masalah tersebut.

Menurutnya, perubahan yang dilakukan oleh pemerintah memang tidak berbuah dalam waktu singkat. Bahkan, mengelola sumber daya air membutuhkan komitmen jangka panjang dari semua pemangku kepentingan, di samping penerapan kebijakan lingkungan yang progresif dan program kesadaran pendidikan.

Belajar Mengelola Sumber Daya Air dari Denmark

Sementara itu, Manajer Komunikasi Grundfos Dorte Maach yang menemani kami selama di Denmark mengatakan harga air boleh dikatakan murah puluhan tahun lalu. Masyarakat sempat menentang ketika Pemerintah Denmark mengambil tindakan dan memutuskan untuk mengenakan tarif air yang lebih tinggi.

Pada 1980-an, masyarakat Denmark membayar sekitar 250 Danish Krone (sekitar Rp500.000) sebulan untuk tagihan air dibandingkan hari ini dengan rumah tangga rata-rata di Denmark membayar sekitar 600 Danish Krone (Rp1,1 juta) sebulan.

“Itu sudah termasuk pajak dan biaya pengolahan air limbah,” katanya.

Menurut Maach, tarif yang tinggi itu mencerminkan nilai sebenarnya dan kualitas air di negara itu selain mengedukasi konsumen tentang pentingnya menghemat dan menghargai sumber air.

Pemerintah Denmark tidak akan sukses mengelola pasokan airnya tanpa dukungan dari sektor swasta.

Grundfos, salah satu perusahaan pengelola air terkemuka Denmark yang didirikan pada 1945, berkomitmen untuk merintis solusi cerdas dan inovatif untuk meningkatkan pengelolaan air dan efisiensi di negara Skandinavia.

Misi jangka panjang perusahaan adalah untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan untuk pengelolaan air dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sejalan dengan Strategi 2025 yang diluncurkan pada Juni 2019.

Misi ambisius ini, khususnya, bertujuan menjadikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB # 6 sebagai panduan - air bersih dan sanitasi dan # 13 - untuk memerangi perubahan iklim yang akan membuat Grundfos bekerja untuk mengurangi setengah konsumsi air dan mengurangi jejak karbon di negara itu sebesar 50% pada tahun 2025.

Belajar Mengelola Sumber Daya Air dari Denmark

Wakil Presiden Grundfos (Komunikasi, Keterlibatan & Tanggung Jawab Urusan Publik) Peter Trillingsgaard mengatakan pihaknya telah menetapkan target konsumsi air spesifik dan berkomitmen untuk mengurangi penggunaan air hingga 50% pada tahun 2025.

“Kami sekarang telah mencapai 34% sejak 2008. Pada tahun 2030, kita akan menjadi lebih positif,” ujarnya.

Dia mengatakan Grundfos menggunakan 430.700 meter kubik air pada 2018, turun 1,6% dari 2017. Namun, selama periode yang sama, tingkat produksi air perusahaan meningkat 6%.

“Sekitar 77% dari penggunaan air kami ada di lokasi produksi. Kami fokus pada peningkatan efisiensi penggunaan air dan menghasilkan limbah air berkualitas melalui proses pemurnian,” kata Trillingsgaard.

Pada tahun 2030, perusahaan bertujuan untuk menyediakan air minum yang aman untuk 300 juta orang. Selain itu, melalui pengelolaan air pintar, perusahaan berencana untuk menyimpan 50 miliar meter kubik air tawar.

Dengan populasi 5,9 juta penduduk, sumber utama air negara Skandinavia ini adalah air tanah dan metode untuk mengolah air adalah melalui ventilasi dan filtrasi.

Karena sumber air tanah selalu terlindungi dari kontaminasi dibandingkan dengan air tanah, kualitas air tanah lebih baik, sehingga meminimalkan pengolahan.

Madsbjerg mengatakan pendekatan inovatif Pemerintah Denmark adalah untuk menerapkan struktur air terdesentralisasi yang sejauh ini melihat industri air di negara itu dengan 2.400 perusahaan air swasta (beberapa di antaranya dijalankan oleh masyarakat setempat) dan setidaknya 78 Departemen Air utama yang dimiliki oleh kota-kota di seluruh kota.

Untuk memastikan pasokan air yang efisien, perusahaan air banyak berinvestasi dalam infrastruktur air dan situasi ini secara tidak langsung mengurangi kehilangan air sekitar 7% secara nasional.

“Perlu investasi dalam infrastruktur air. Pengalaman Pemerintah Denmark dalam mengelola air membuktikan bahwa kita dapat mengurangi konsumsi air tanpa membatasi pertumbuhan ekonomi dan bahwa inovasi juga penting untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan air,” katanya.

Menurutnya, rata-rata, konsumsi air per orang di Denmark hanya sekitar 104 liter per hari, yang masih di bawah ketentuan PBB yang mengusulkan 165 liter per hari untuk kebutuhan dasar harian individu.

Sementara itu, data dari State of Green, sebuah badan nirlaba di Denmark menunjukkan bahwa penggunaan air di Denmark telah menurun secara signifikan sebesar 42% sejak 1980.

Sementara itu, Head of Press and Communications State of Green Iver Hoj Nielson mengatakan kebijakan nasional yang jelas dan tegas sangat penting untuk menentukan keberhasilan misi hijau di Denmark.

Mengacu pada Perjanjian Energi Denmark 2012, Nielson mengatakan dokumen tersebut bertujuan untuk membuat Denmark bebas dari bahan bakar fosil pada tahun 2050.

Versi terbaru, Perjanjian Energi Denmark Baru, yang diluncurkan pada Juni 2018, menekan dan menegaskan kembali posisi iklim dan energi Denmark pada tahun 2030.

“Semua anggota parlemen Denmark mendukung perjanjian ini. Meskipun ada perubahan dalam politik atau pemerintah, kebijakan tersebut akan terus dilaksanakan untuk memastikan bahwa kami mencapai tujuan yang ditetapkan pada tahun 2050,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Lukas Hendra TM
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper