Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selama 11 Hari, Angkasa Pura II Layani 3,2 Juta Penumpang Pesawat

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan total pergerakan pesawat mencapai 23.666 kali dengan tingkat ketepatan waktu di atas 80 persen tiap hari.
Calon penumpang menunggu keberangkatan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Minggu (24/6/2018). Penumpang selama arus mudik dan balik di Bandara Soeta mencapai 3 juta penumpang selama H-8 sampai H+6 Hari Raya Idul Fitri atau naik  5,82% dari tahun lalu./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Calon penumpang menunggu keberangkatan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Minggu (24/6/2018). Penumpang selama arus mudik dan balik di Bandara Soeta mencapai 3 juta penumpang selama H-8 sampai H+6 Hari Raya Idul Fitri atau naik 5,82% dari tahun lalu./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) telah melayani 3,2 juta penumpang selama 11 hari periode Natal dan Tahun Baru 2020 atau 19-29 Desember 2019.

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan total pergerakan pesawat mencapai 23.666 kali dengan tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) di atas 80 persen tiap hari.

"Ini angka yang moderat dan menandakan traffic [penumpang dan pesawat] berangsur normal kembali,” katanya dalam siaran pers, Senin (30/12/2019).

Dia menambahkan pergerakan penumpang paling banyak ada di Bandara Soekarno-Hatta yakni mencapai 1,96 juta penumpang atau sekitar 60 persen dari total di 16 bandara. Lima destinasi unggulan domestik dari Jakarta selama angkutan Nataru adalah Bali, Surabaya, Kualanamu, Makassar, dan Yogyakarta.

Sementara, imbuhnya, untuk unggulan rute internasional dari Jakarta adalah Singapura, Kuala Lumpur (Malaysia), Bangkok (Thailand), Jeddah (Arab Saudi), dan Hong Kong.

Dia optimistis jumlah pergerakan penumpang selama Nataru dapat mencapai di atas 5 juta penumpang. Puncak arus mudik terjadi pada 20 Desember 2019 dengan total jumlah penumpang mencapai 322.514 penumpang, sedangkan arus balik diprediksi terjadi pada 5 Januari 2020 dengan jumlah 311.000 penumpang.

"Kami mengimbau agar penumpang pesawat tiba dua jam sebelum jadwal keberangkatan agar memiliki waktu yang cukup dalam memproses keberangkatan pada peak season ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper