Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejar Target, PHM Lifting Akhir Tahun pada 30 & 31 Desember

Hingga 20 Desember 2019, Terminal Senipah telah melakukan 74 kali pengapalan minyak dengan rata-rata per bulan sebanyak 6-9 kali.
Blok Mahakam/Ilustrasi-Bisnis
Blok Mahakam/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pertamina Hulu Mahakam (PHM) melalui Terminal Senipah akan melakukan lifting akhir tahun pada 30 dan 31 Desember 2019 untuk mengejar target Work Program & Budget (WP&B) 2019.

Lifting yang dilakukan di Terminal Senipah dioperatori oleh Pertamina Hulu Mahakam. Terminal Senipah digunakan pula oleh KKKS Eni Muara Bakau, Mubadala Petroleum, PHSS (Unitisasi), dan PHKT (Lapangan Sapi).

Adapun hingga 20 Desember 2019, Terminal Senipah telah melakukan 74 kali pengapalan minyak dengan rata-rata per bulan sebanyak 6-9 kali.

Saat ini PHM telah melakukan optimalisasi lifting akhir tahun terminal Senipah dengan perbaikan manajemen reduksi deadstock sehingga terjadi penurunan deadstock dari 316.000 barel pada 2018 menjadi 207.000 barel pada 2019. Jumlah ini lebih besar dari target reduksi deadstock sebesar 100.000 barel.

Keberhasilan program reduksi deadstock memberikan manfaat kenaikan tambahan lifting PHM yang diproyeksikan mampu mencapai 36,1 ribu BOPD atau dapat mencapai target WP&B 2019.

Selain itu, apabila dapat dilakukan dalam jangka panjang diharapkan dapat diperoleh penghematan operasional dan maintenance tangki serta fasilitas produksi lainya.

Program lainnya adalah penggunaan 1 kapal untuk efisiensi pengangkutan 2 produk crude yaitu pengangkutan HMC dan BCO pada akhir tahun serta pengaturan waktu lifting yang optimal.

Satuan Kerja Khusus (SKK) Minyak dan Gas Bumi (Migas) pun memastikan pelaksanaan lifting akhir tahun Pertamina Hulu Mahakam di Terminal Senipah berjalan sesuai dengan target.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan produksi di blok Mahakam masih memiliki banyak tantangan, khususnya karena masih terjadi decline rate pada gas. Namun, hal itu mulai diatasi dengan melakukan pengeboran di 2019 yang lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data yang tercatat di SKK Migas, sepanjang tahun 2019, Pertamina Hulu Mahakam melakukan pengeboran sebanyak 126 sumur atau lebih besar dari rencana 2019 dalam WP&B sebesar 118 sumur. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2018 sebanyak 62 sumur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper