Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Ajukan 3 Nama Calon Dirut Garuda Indonesia

Kementerian BUMN bakal mengajukan 3 nama calon pengisi direktur utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. pada awal 2020.
Maskapai nasional Garuda Indonesia menyambut armada A330-900neo  di Hangar 2 Garuda Indonesia Maintenance Facility AeroAsia, pada hari Rabu (27/11/2019)./ Dok. Garuda Indonesia
Maskapai nasional Garuda Indonesia menyambut armada A330-900neo di Hangar 2 Garuda Indonesia Maintenance Facility AeroAsia, pada hari Rabu (27/11/2019)./ Dok. Garuda Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian BUMN bakal mengajukan 3 nama calon pengisi direktur utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. pada awal 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir seusai acara Peringatan Hari Ibu di Lingkungan BUMN, di Jakarta, Minggu (22/12/2019).

Rencananya, rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia bakal dilaksanakan pada 22 Januari 2020.

"Nanti awal Januari akan diajukan 3 calon, sekarang belum ada pengajuan ke TPA [Tim Penilai Akhir]," ujarnya.

Namun, Erick masih enggan memberikan bocoran nama calon pengisi posisi direktur utama maskapai milik negara tersebut. Dia hanya menyampaikan bahwa jika kemungkinan akan ada kejutan.

"Kalau enggak ada kejutan, enggak seru," ujarnya.

Lebih jauh, dia menyampaikan bahwa proses pemilihan pengisi jabatan di perusahaan pelat merah akan dilakukan secara transparan dan melalui tim penilai akhir (TPA). Hal ini dilakukan agar pasar memberikan respon yang baik.

"Ini yang mau saya jaga agar pasar merespon positif," katanya.

Seperti diketahui, saat ini posisi Direktur Utama Garuda Indonesia diisi oleh Pelaksana Tugas yang merangkap Direktur Keuangan Fuad Rizal setelah I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dicopot.

Perombakan pimpinan emiten dengan kode saham GIAA ini dilakukan Kementerian BUMN setelah kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat anyar yang diterbangkan dari pabrik Airbus, Toulouse, Prancis.

Tidak hanya itu, Dewan Komisaris Garuda Indonesia setelah rapat dengan Menteri BUMN mengambil keputusan untuk menghentikan direksi yang terindikasi terlibat penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Selain direktur utama, posisi yang diisi oleh pelaksana harian yaitu direktur operasi, direktur teknis dan layanan, direktur human capital, dan direktur kargo dan pengembangan usaha. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper