Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Balsam Tambah Daya Tarik Ibu Kota Negara

Pembangunan infrastruktur pada suatu wilayah akan membawa dampak positif terhadap industri properti.
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda./PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda./PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda

Bisnis.com, JAKARTA — Pengoperasian jalan tol Balikpapan—Samarinda bakal menambah daya tarik lokasi yang menjadi calon ibu kota negara di mata para pengembang properti.

Manager Research & Consultancy Coldwell Banker Commercial Angra Angreni mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur pada suatu wilayah akan membawa dampak positif terhadap industri properti karena menciptakan peluang pengembangan kawasan baru.

Permintaan properti seperti hunian, area komersial, dan pusat perbelanjaan biasanya akan meningkat seiring dengan pembangunan infrastruktur yang makin memadai.

“Keberadaan infrastruktur baru tentunya akan berdampak pada percepatan pengembangan kawasan. Apalagi kawasan tersebut juga nantinya akan menjadi pusat aktivitas baru sebagai pusat pemerintahan,” ujar Angra kepada Bisnis, Selasa (17/12/2019).

Meskipun demikian, Angra mengungkapkan bahwa pengaruh dari pembangunan infrastruktur jalan tol tidak akan langsung terasa dalam waktu dekat karena membutuhkan proses yang cukup panjang untuk pengembangan di kawasan yang baru.

“Dampaknya belum akan [terasa] dalam waktu dekat untuk sektor properti karena biasanya yang menjadi daya tarik itu adalah fungsi bisnis dan komersial. Jalan tol di kawasan IKN [ibu kota negara] cenderung akan mendorong sektor perumahan,” ungkapnya.

Pada Selasa (17/12/2019), Presiden Joko Widodo telah meresmikan jalan tol Balikpapan—Samarinda (Balsam) seksi 2, 3, dan 4 sepanjang 58,70 kilometer. Panjang keseluruhan dari jalan tol itu sendiri adalah 99,30 kilometer.

Presiden Jokowi berharap agar keberadaan jalan tol tersebut akan memperlancar konektivitas di Balikpapan—Samarinda. Selain itu, kehadiran tol tersebut juga akan mempercepat akses ke kawasan ibu kota baru.

Jokowi menargetkan seluruh seksi jalan tol Balsam dapat tersambung pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper