Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Insiden Dua Pesawat Garuda Saling Berhadapan di Soekarno-Hatta Diinvestigasi

Kemenhub investigasi lebih lanjut insiden dua pesawat milik Garuda Indonesia berhadapan (head on) pada satu taxiway di Bandara Soekarno Hatta.
Pesawat Garuda Indonesia/JIBI-Nurul Hidayat
Pesawat Garuda Indonesia/JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan akan melakukan investigasi lebih lanjut pasca insiden dua pesawat milik Garuda Indonesia berhadapan (head on) pada satu taxiway di Bandara Soekarno Hatta.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti menjelaskan insiden salah taxi tersebut akan ditindaklanjuti dengan melakukan investigasi.

Insiden salah taxi di Bandara Soekarno Hatta dialami oleh dua pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA-649 registrasi PK-GMH dan GA-264 registrasi PK-GRR, pada 12 Desember 2019 pukul 10.26 WIB.

"Kami akan memanggil pilot dan petugas pengendali lalu lintas udara [air traffic controller/ATC] yang bertugas saat itu," kata Polana, Sabtu (14/12/2019).

Dia menambahkan kronologi sementara, GA-649 landing pada Runway RWY07L dan diarahkan oleh petugas ATC untuk masuk ke NC4 dan NP1, kemudian holdshort pada NC3. Namun, kemudian pilot masuk ke NP2. 

Pada saat yang bersamaan, pesawat GA-264 telah berada di Taxiway NP2, sehingga menyebabkan kedua pesawat tersebut berada pada kondisi berhadapan (head on).

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta Herson memastikan operasional penerbangan di bandara tidak terganggu pasca insiden Taxiway Incursion (head On).

“Saat ini, kami sedang meminta data dan melakukan investigasi lanjut,” jelas Herson.

Pada kejadian tersebut, pesawat terbang GA-649 dilakukan towing keluar dari taxiway hingga operasional bandar udara berjalan normal. Tidak terjadi kerusakan apapun pada kedua pesawat dan seluruh penumpang selamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper