Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bimbing Pengelolaan Keuangan Usaha, Antam Gelar Seminar UMKM di Kalbar

PT Antam Tbk (Antam) menggelar seminar tentang pengelolaan keuangan usaha mikro terhadap 62 mitra binaan yang menerima dana pinjaman Program Kemitraan (PK) di Tayan, Minggu (24/11/2019).

Bisnis.com, PONTIANAK PT Antam Tbk (Antam) menggelar seminar tentang pengelolaan keuangan usaha mikro terhadap 62 mitra binaan yang menerima dana pinjaman Program Kemitraan (PK) di Tayan, Minggu (24/11/2019).

Bantuan pinjaman bergulir ini merupakakan tahap II dengan total Rp2,7 miliar, dimana sebelumnya pada tahap pertama Antam telah menyalurkan sebesar Rp1,59 Miliar untuk 29 mitra binaan pada bulan Juli 2019 lalu.

"Untuk membangun bisnis yang sukses para mitra binaan ini harus memiliki rencana dan strategi bisnis yang jitu. Selain itu rencana bisnis yang dibuat dengan baik akan berpeluang besar meningkatkan keberhasilan usaha," kata motivator bisnis, Muhammad Zamhar Auli Shubhi yang menjadi narasumber dalam seminar tersebut.

Selain harus memiliki rencana dan strategi yang jitu, para mitra binaan Antam juga diimbau untuk pandai dalam mengelola keuangan, baik itu berupa modal, pengembalian angsuran pinjaman dan keuntungan dari hasil usaha.

Zhamhar mengimbau kepada para pengusaha mikro dari mitra binaan Antam agar mampu menyesuaikan dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Dimana salah satunya melalui kemajuan sosial media, yang bisa juga dimanfaatkan dalam menjalankan usaha.

"Intinya mereka ini harus bisa melakukan inovasi-inovasi agar bidang usahanya memiliki daya tarik dan mampu bersaing, seperti sebuah usaha warung kopi, bisa saja ditambah dengan menyediakan wifi, selain tetap menjaga kualitas makanan dan minuman yang di jual di warungnya," katanya.

Sementara itu, CSR and External Relation Assistant Manager Antam Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalimantan Barat, Wydia Fermata mengungkapkan tujuan diselenggarakan seminar tersebut kepada para mitra binaan penerima modal pinjaman bergulir.

"Selain memberikan dana pinjaman kami juga terus melalukan pembinaan-pembinaan agar nantinya para mitra binaan ini dapat memajukan usaha dan perekonomiannya secara mandiri," katanya.

Dengan aktifnya pengembalian pinjaman maka pinjaman yang disediakan melalui program CSR ini dapat digunakan oleh masyarakat yang belum mendapatkan pinjaman.

"Kami akan memberi reward yang menarik kepada mereka yang aktif dan tidak pernah menunggak dalam membayar angsuran pinjaman. Kami berharap usaha para mitra binaan dapat semakin maju sehingga kemajuan ekonomi ini juga dapat menularkan kepada masyarakat lain di sekitarnya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper