Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Biodiesel di Indonesia Jadi Contoh Bagi Negara Lain

Indonesia dinilai telah menjadi contoh bagi negara-negara lain di dunia dalam memanfaatkan biodiesel sebagai bahan bakar berbasis energi baru terbarukan (EBT).
(Kiri-kanan) Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian Musdhalifah Machmud, Direktur Bioenergi Kementerian Esdm Andriah Feby Misna, dan  Direktur Pengolahan Dan Pemasaran Ditjen Perkebunan Kementan Dedi Junaedi menjadi pembicara dalam diskusi Diskriminasi Kelapa Sawit, B30 Siap Meluncur./Bisnis-Ni Putu Eka Wiratmini
(Kiri-kanan) Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian Musdhalifah Machmud, Direktur Bioenergi Kementerian Esdm Andriah Feby Misna, dan Direktur Pengolahan Dan Pemasaran Ditjen Perkebunan Kementan Dedi Junaedi menjadi pembicara dalam diskusi Diskriminasi Kelapa Sawit, B30 Siap Meluncur./Bisnis-Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia dinilai telah menjadi contoh bagi negara-negara lain di dunia dalam memanfaatkan biodiesel sebagai bahan bakar berbasis energi baru terbarukan (EBT).

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud mengatakan saat ini sejumlah negara sudah mulai mengembangkan biodiesel seperti Indonesia. 

Contohnya, Malaysia, berencana mulai mengembangkan biodiesel 20% (B20). Saat ini, Malaysia baru menerapkan B10. Tak ingin ketinggalan, Thailand juga akan mulai mengembangkan B20. 

Ketika negara lain baru mulai mengembangkan B20, Indonesia dalam waktu dekat akan menerapkan B30. Uji jalan telah sukses dilaksanakan dan saat ini sedang berlangsung uji coba distribusi. 

"Sebenarnya kami sudah generate pemanfaatan biodiesel di seluruh dunia. Ada beberapa negara produsen sawit yang mulai mencontoh apa yang bisa dilakukan Indonesia dan beberapa negara meminta advice," katanya, Senin (9/12/2019).

Menurutnya, keberhasilan Indonesia dalam mengembangkan dan memanfaatkan biodiesel karena adanya kerja sama di semua sektor. Kerja sama dilakukan di lintas sektor kementerian, tidak hanya Kementerian ESDM maupun Kementerian Pertanian, tetapi juga kerja sama dengan sektor otomotif, produsen bahan bakar minyak (BBM), hingga badan usaha bahan bakar nabati (BBN).

"Jadi, kami berkolaborasi seperti itu. Sampai sekarang tidak banyak permasalahan berarti," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper