Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Tol Jogja-Solo, Warga Justru Minta Seluruh Tanahnya Dibeli

Warga di Desa Bokoharjo Prambanan justru meminta kepada Satker agar tidak hanya membeli sebagian tanahnya.
Ilustrasi jalan tol./JIBI-Nicolous Irawan
Ilustrasi jalan tol./JIBI-Nicolous Irawan

Bisnis.com, SLEMAN - Proyek jalan tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen membuat sebagian warga yang terdampak pembangunan mengalami dilema untuk merelakan tanahnya.

Danang salah seorang warga Bokoharjo, Prambanan, Sleman mengatakan sebagian besar warga terdampak justru berharap lahan yang cuma terkena sedikit untuk pembangunan jalan tol agar bisa dibeli seluruhnya oleh Satker.

"Apalagi yang kena sak uprit [sedikit]. Lha mbok sisan kabeh ae [dibeli seluruhnya saja], mintanya warga begitu. ada juga yang tidak kena tapi bersebelahan dengan proyek, juga minta dibeli saja," kata Danang, Jumat (6/12/2019).

Meski masih menunggu kedatangan Satgas untuk memvalidasi lahan, namun hingga kini lanjut Danang, tidak ada gejolak apapun yang terjadi di masyarakat. Khususnya warga terdampak.

"Kemarin ada yang ngaku-ngaku warga Jobohan bernama Abdul Qodir, setelah ditelisik ternyata bukan warga Jobohan. Dia hanya punya tanah di pinggir jalan Prambanan-Piyungan," katanya.

Dikatakannya, warga masih menanti tim dari kelurahan dan BPN yang berencana melakukan validasi bahkan pematokan lahan. "Katanya diberi waktu dua minggu setelah sosialisasi, tapi sampai saat ini kami masih belum ada yang datang," katanya.

Kepala Desa Bokoharjo Prambanan Dody Hariyanto mengatakan Pemdes masih menunggu kesiapan dari Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Jogja-Solo dan Jogja-Bawen untuk melaksanakan kegiatan validasi kepemilikan lahan terdampak pembangunan tol.

"Kami masih komunikasikan hal itu dengan Satker. Sampai saat ini, Satgas untuk melakukan validasi belum dibentuk," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Akhirul Anwar
Sumber : Harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper