Tingkatkan SDM, Akademisi dan Pelaku Bisnis Perlu Berkolaborasi

Alih informasi dan teknologi antara akademisi dan pelaku bisnis perlu ditingkatkan guna meningkatkan keterkaitan (linkage) antara ketenagakerjaan dan kebutuhan dunia industri.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 04 Desember 2019  |  16:59 WIB
Tingkatkan SDM, Akademisi dan Pelaku Bisnis Perlu Berkolaborasi
Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza (kanan) saat mengunjungi Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait kerjasama dalam pengelolaan kelapa sawit menjadi biofuel beberapa waktu lalu./Istimewa - ilustrasi

Bisnis.com, DEPOK - Alih informasi dan teknologi antara akademisi dan pelaku bisnis perlu ditingkatkan guna meningkatkan keterkaitan (linkage) antara ketenagakerjaan dan kebutuhan dunia industri.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro saat ditemui di Balai Purnomo Kampus US Depok, Jawa Barat pada Rabu (4/12/2019).

Ari mengatakan koordinasi yang apik antara dunia pendidikan dan industri amat penting untuk mendukung kemajuan perekonomian negara. Pasalnya, universitas sebagai agent of improvement bertugas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang akan digunakan oleh dunia usaha.

Ari menjelaskan, salah satu upaya yang dapat dilakukan kedua sektor adalah dengan pertukaran informasi. Dunia akademik dapat mengundang para pelaku usaha untuk memberikan gambaran jelas baik kepada mahasiswa maupun staf pengajar terkait perkembangan dan kebutuhan dunia usaha.

"Upaya ini dapat dilakukan melalui kuliah-kuliah umum atau seminar. Dari kegiatan-kegiatan ini secara tidak langsung juga dapat terjadi alih teknologi," katanya.

Ia melanjutkan, para praktisi dunia industri dapat masuk sebagai pengajar dari kacamata dunia nyata. Pendekatan yang dilakukan oleh para pengusaha dalam pendidikan juga diyakini akan berbeda. Namun, ia yakin hal ini justru bisa menjadi informasi tambahan bagi pengajar untuk menghasilkan inovasi-inovasi terbaru yang akan berdampak positif bagi kedua sektor.

Sebaliknya, secara tidak langsung industri juga akan masuk ke sektor pendidikan. Mereka dapat bertukar pikiran tentang kurikulum yang saat ini berlaku. Dengan demikian, sektor industri dapat mempelajari sistematika pendidikan dan memberikan feedback kepada universitas terkait kemampuan dan kompetensi yang dibutuhkan.

"Oleh karena itu, kerja sama jangka panjang antara universitas dan dunia usaha serta dukungan pemerintah menjadi sangat penting agar program yang dirancang masing-masing universitas dapat menelurkan sumber daya manusia yang berkualitas," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap lembaga-lembaga pendidikan tinggi, seperti UI dapat menjalankan tugasnya untuk menghasilkan SDM dengan kompetensi dan kapabilitas yang baik. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang hendak meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Apalagi, sebagai salah satu universitas tertua di Indonesia, UI memiliki tanggung jawab moral untuk turut membangun negeri melalui pendidikan mahasiswa yang akan menjadi penerus kita," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
universitas indonesia

Editor : Achmad Aris
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top