Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rektor UI : Universitas Harus Mampu Penuhi Kebutuhan Industri

Universitas sebagai lembaga pendidikan harus mampu menjawab kebutuhan industri yang tengah berubah seiring perkembangan teknologi. 
Universitas Indonesia/Antara
Universitas Indonesia/Antara

Bisnis.com, DEPOK - Universitas sebagai lembaga pendidikan harus mampu menjawab kebutuhan industri yang tengah berubah seiring perkembangan teknologi. 

Hal ini diungkapkan oleh Rektor Universitas Indonesia (UI) 2019 - 2024 Ari Kuncoro saat memberikan pidato pelantikannya di Balai Purnomo Kampus UI Depok, Jawa Barat pada Rabu (4/12/2019). 

Menurutnya, UI merupakan sekumpulan jejaring yang terdiri atas banyak bagian di antaranya adalah mahasiswa, dekan, karyawan, dan lainnya. Selain itu, universitas tidak boleh melupakan bahwa mereka juga terkait dengan industri. 

"Inilah yang membedakan pengelolaan perguruan tinggi sekarang dengan yang dulu. Kalau kita [UI] bilang hebat saja, kita tidak akan dilihat. Mereka akan melihat relevansi kita dengan industri saat ini," jelasnya. 

Ia mengatakan, UI sebagai lembaga pendidikan tinggi tertua di Indonesia harus dapat menjalankan perannya sebagai agent of improvement. Hal ini dapat dilakukan dengan mendidik generasi muda dengan kapabilitas dan karakter yang mumpuni. 

Selain itu, universitas juga perlu menjalin kerja sama baik dengan pemerintah maupun pihak swasta. Tujuannya adalah untuk penyesuaian pendidikan yang diterapkan dengan kebutuhan lapangan kerja yang setiap saat berubah. 

Pengangkatan Ari dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Majelis Wali Amanat (MWA) Nomor 020/SK/MWA-UI/2019. Sebelum terpilih sebagai Rektor UI, Ari menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ari terpilih sebagai Rektor UI setelah melalui tahapan seleksi sepanjang Mei-September 2019. Ia mengalahkan dua kandidat lain yakni Abd Haris dan Budi Wiweko. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper