Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Beli Tiket Pesawat Murah, Ini Tips dari Kemenhub

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti mengatakan OTA memberikan kemudahan kepada calon penumpang bukan hanya untuk mencari tiket termurah, tetapi mencari opsi kombinasi rute penerbangan.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memberikan tips kepada calon penumpang pesawat udara yang ingin membeli tiket melalui agen perjalanan daring atau online travel agent (OTA) menjelang masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2020.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti mengatakan OTA memberikan kemudahan kepada calon penumpang bukan hanya untuk mencari tiket termurah, tetapi mencari opsi kombinasi rute penerbangan untuk mencapai tujuan jika penerbangan langsung sudah tidak tersedia.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan membeli tiket pesawat menggunakan OTA agar lebih bijak dan teliti," katanya  dalam siaran pers, Senin (2/12/2019).

Dia meminta masyarakat untuk memastikan jadwal, rute dan kelas penerbangan (ekonomi atau bisnis) yang diinginkan dengan mengisi informasi dalam aplikasi.

Selain itu, pengguna diharapkan telah mengaktifkan kolom filter dan memilih opsi yang diinginkan, seperti penerbangan langsung atau penerbangan transit, penerbangan satu arah (one way) atau penerbangan pulang pergi (PP).

Kemudian, lanjutnya, pengguna sebaiknya merencanakan perjalanan dengan baik dengan mencari atau membeli tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya untuk untuk mendapatkan pilihan dan harga terbaik. 

Ingin Beli Tiket Pesawat Murah, Ini Tips dari Kemenhub

Pengguna juga wajib mengisi secara lengkap dan benar seluruh identitas diri dan nomor telepon kontak serta kebutuhan layanan yang diperlukan, untuk dapat dilayani dengan baik oleh maskapai.

"Jangan lupa pahami secara jelas syarat dan ketentuan pengangkutan dari maskapai, sehingga kita paham apa hak dan kewajiban sebagai konsumen serta hak dan kewajiban dari maskapai," ujarnya.

Polana menuturkan masyarakat calon pengguna jasa tranportasi udara jangan sampai salah paham terkait dengan harga tiket dan dapat memperoleh layanan yang terbaik.

Dia juga mengajak masyarakat untuk mencermati pembelian tiket secara online, dan waspada dengan penyesatan informasi yang dibuat oleh pihak-pihak yang bermaksud membingungkan masyarakat dan membuat keresahan.

Dalam pembelian tiket pesawat melalui aplikasi OTA, aplikasi tersebut akan menampilkan sejumlah pilihan rute, jadwal, maskapai, kelas layanan sesuai dengan yang dikehendaki oleh pengguna, dengan keberagaman harga yang akan terlihat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper