Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shopee Pertegas Komitmennya Terhadap Kemajuan UMKM Indonesia

Shopee, perusahaan e-commerce berkomitmen terus berevolusi untuk memberikan peluang dan kemudahan bagi para pelaku UMKM.
Pertemuan Shopee dengan Wapres Ma'ruf Amin/
Pertemuan Shopee dengan Wapres Ma'ruf Amin/

Bisnis.com, JAKARTA - Shopee, perusahaan e-commerce berkomitmen terus berevolusi untuk memberikan peluang dan kemudahan bagi para pelaku UMKM.

Komitmen itu disampaikan pada pertemuan dengan  Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin.

Berbagai inovasi yang diberikan di antaranya adalah untuk membantu menjawab tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM di era perdagangan terbuka dan berbasis daring saat ini..

Salah satunya adalah keikutsertaan Shopee dalam meningkatkan literasi digital di bidang pemasaran dan pengembangan produk bagi santri dan masyarakat pondok pesantren. Mengambil bagian dalam implementasi Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), Shopee bekerja sama dengan kementerian dan lembaga pemerintah terkait untuk menjalankan program Santripreneur yang sebelumnya telah berhasil dijalankan di beberapa pesantren di seluruh Indonesia.

Untuk dapat membantu para pelaku usaha kecil di tengah tantangan ini salah satunya dengan mengambil inisiatif untuk berkolaborasi meningkatkan ekspor Indonesia melalui pemanfaatan e-commerce.

Shopee melaksanakan program ekspor Kreasi Nusantara “Dari Lokal untuk Global” ke Malaysia dan Singapura, sebagai bentuk riil upaya pemanfaatan perkembangan e-commerce untuk meningkatkan ekspor Indonesia, beberapa pelaku UMKM terpilih telah menjalankan program edukasi guna mengasah kualitas dan daya saing mereka sebelum menghadapi pasar global.

Para pelaku UMKM terpilih berhasil mencatatkan progres yang sangat baik dalam program ekspor pertamanya. Setelah terlibat dalam kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang serentak diselenggarakan di semua negara tempat Shopee beroperasi, para pelaku UMKM terpilih dalam program ekspor Kreasi Nusantara “Dari Lokal Untuk Global” berhasil mencatatkan peningkatan transaksi 3 kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, di tahun keempat Shopee beroperasi, kami ingin semakin memperkuat komitmen untuk dapat membantu para pelaku usaha kecil di tengah tantangan pasar global berbasis daring seperti sekarang.

"Kami percaya keikutsertaan Shopee dalam pengembangan daya saing para pelaku UMKM akan memberikan manfaat dan pengalaman yang besar terutama untuk meningkatkan keahlian bisnis mereka," katanya.

Selain berpartisipasi dalam program pemerintah, Shopee juga menyiapkan momentum internal yang turut mempromosikan bisnis mereka agar lebih luas lagi. Salah satunya menyiapkan festival belanja yang lebih spesial lagi dimana bertepatan dengan ulang tahun Shopee, menghadirkan 12.12 Birthday Sale.

"Kami menyambut baik upaya pelaku e-commerce seperti Shopee yang turut mendukung percepatan perkembangan ekonomi umat dan keuangan syariah di Indonesia. Kami berharap ke depannya upaya ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan. Melalui pertemuan hari ini, pemerintah akan selalu mendukung para pihak yang mengedepankan kemajuan pelaku UMKM di dalam negeri, terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pembangunan.” ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Shopee juga memperkenalkan Shopee Barokah sebagai one-stop muslim lifestyle destination yang telah mengkurasi produk dan layanan syariah dan bermitra dengan berbagai brand dan lembaga kemanusiaan ternama seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, ACT, dan Rumah Zakat untuk memudahkan para pengguna setia Shopee dalam berdonasi dan menunaikan zakat. Ke depannya, Shopee Barokah juga akan melengkapi kanalnya dengan pengingat waktu salat dan Alquran.

Sebagai negara muslim terbesar di dunia dengan lebih dari 200 juta penduduk muslim1, potensi perkembangan pasar syariah ini juga dilihat dari keberhasilan Indonesia menduduki peringkat kelima tahun ini dalam Indikator Ekonomi Islam Global (GIEI) oleh DinarStandard2. Indonesia berhasil naik 5 peringkat dibandingkan tahun lalu karena adanya inisiatif kuat dari pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah. Laporan ini juga menunjukkan adanya ruang bagi industri halal dari berbagai sektor untuk bertumbuh dengan pesat. Tren ini juga sejalan dengan data internal Shopee, di mana kategori fashion muslim selalu menjadi kategori favorit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper