Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengisian Air Rampung, Bendungan Sindangheula Segera Diresmikan

BBWS Cidanau Ciujung Cidurian harus segera mengurus sertifikat operasi dan pemeliharaan agar bendungan tersebut bisa segera diresmikan.
Pengisian air di Bendungan Sindangheula selesai sehingga siap diresmikan./Bisnis-Aprianus Doni T.
Pengisian air di Bendungan Sindangheula selesai sehingga siap diresmikan./Bisnis-Aprianus Doni T.

Bisnis.com, SERANG — Setelah dilakukan pengisian awal atau impounding, Bendungan Sindangheula, di Kabupaten Serang, banten diperkirakan sudah dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada awal tahun depan.

Walhasil, masyarakat Kabupaten dan Kota Serang segera merasakan banyak manfaat, mulai dari ketersediaan sumber air baku dan irigasi hingga menjadi destinasi baru pariwisata.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hari Suprayogi mengatakan bahwa pengelola bendungan yakni Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cidanau Ciujung Cidurian harus segera mengurus sertifikat operasi dan pemeliharaan agar bendungan tersebut bisa segera diresmikan.

"Sekarang sudah bisa dilakukan penggenangan atau impounding. Saya kira satu musim [hujan] bisa penuh sehingga kira-kira awal 2020 sudah bisa diresmikan. Namun, itu tergantung, teman-teman harus mengurus sertifikat OP [operasi dan pemeliharaan]-nya," ujarnya di Serang, Senin (25/11/2019).

Bendungan dengan kapasitas tampung mencapai 9,26 juta meter kubik per detik itu diharapkan memberi sejumlah manfaat di antaranya, memenuhi kebutuhan irigasi ke sekitar 1.000 hektare sawah, mereduksi banjir hingga 50.000 meter kubik per detik, dan menyediakan air baku 0,80 meter kubik per detik. Selain itu, bendungan ini juga berpotensi menjadi objek wisata baru di Serang.

Yogi menyarankan agar pengelola bendungan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Serang untuk menentukan zona wisata yang memungkinkan untuk dikembangkan.

"Untuk pariwisata diarahkan saja ke daerah genangan atau hilir. Jadi, teman-teman juga membantu pemkab [Serang] mana saja zonanya," katanya.

Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Pembangunan Bendungan BBWS Cidanau Ciujung Cidurian Suherlan menambahkan bahwa rencana pengembangan titik-titik yang akan dijadikan zona wisata baru akan dilakukan tahun depan.

"Pada 2020 akan ada kajian pengembangan area wisata. Kami akan lakukan kajian bersama dengan pemkab, mana daerah yang cocok [sebagai kawasan wisata]," ujarnya.

Kendati belum ditentukan secara pasti, dia menilai bahwa konsep wisata air adalah yang paling memungkinkan dibangun di sekitar bendungan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper