Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah dan Swasta Upayakan Optimalisasi Penggunaan Energi Terbarukan

Upaya untuk mengoptimalkan penggunaan sumber energi terbarukan terus dilakukan di Indonesia, termasuk di kalangan perusahaan swasta.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Upaya untuk mengoptimalkan penggunaan sumber energi terbarukan terus dilakukan di Indonesia, termasuk di kalangan perusahaan swasta.

Hal itu mengemuka dalam acara Renewable Energy Day (RE Day) hasil kerja sama Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) bersama dengan The Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ).

Direktur Jenderal EBTKE F.X. Sutijastoto mengatakan dukungan dari pihak swasta sangat penting dan membantu peningkatan penggunaan energi terbarukan. 

“Saya berterimakasih kepada perusahaan-perusahaan yang telah menyatakan komitmennya untuk menggunakan energi terbarukan. Harapannya nanti ini juga diterapkan ke perusahaan-perusahaan lainnya,” ujarnya, Rabu (20/11/2019).

Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia Peter Schoof mengatakan bahwa upaya mengalihkan penggunaan energi fosil ke sumber energi terbarukan tidak mudah.

“Hal ini membutuhkan pengetahuan dan biaya yang tidak kecil. Namun, Indonesia tidak sendirian dalam hal ini karena komunitas internasional termasuk Jerman siap mendukung bila diperlukan,” katanya.

RE Day tahun ini dihadiri oleh sekitar 300 peserta dari dari berbagai lembaga, seperti PT PLN (Persero), perusahaan energi terbarukan, asosiasi sektor energi terbarukan, dan sektor swasta pengguna energi terbarukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Serafina Ophelia
Editor : Lucky Leonard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper