Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Kaji Usulan Pembangunan 2 Bandara di Maluku, Ini Lokasinya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan tersebut berkaitan dengan peningkatan konektivitas di wilayah Timur.
Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan mempertimbangkan usulan kepala daerah terkait dengan pembangunan bandara baru maupun pengembangan bandara di Provinsi Maluku.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan tersebut berkaitan dengan peningkatan konektivitas di wilayah Timur. Usulan pembangunan bandara berasal dari kepala daerah setempat.

"Ada beberapa [kepala daerah] yang minta dilakukan pembangunan yaitu di [Kabupaten] Seram Bagian Barat dan Seram Bagian Timur," katanya, Selasa (12/11/2019).

Menhub menyatakan akan melihat urgensi kedua wilayah tersebut untuk dibangun bandara. Bila ternyata ada permintaan dan signifikan terhadap perekonomian, Budi Karya akan dilakukan perencanaan pembangunan.

Kemudian, lanjutnya, ada permintaan agar Kemenhub melakukan perpanjangan landas pacu (runway) di Bandara Bandanaira Pulau Banda. Hal tersebut bertujuan agar bandara bisa melayani penerbangan yang menggunakan pesawat bermesin baling-baling (turbo propeller).

Perpanjangan akan dilakukan hingga 1.400 m dari dimensi yang saat ini baru 1.200 m. Selama ini, bandara tersebut melayani penerbangan rute perintis. Namun, Kemenhub juga tidak gegabah dalam menyikapi usulan tersebut.

Selain melakukan kajian internal dari direktorat terkait, pihak maskapai juga akan diajak berdiskusi. "Akan kami perhatikan [usulan kepala daerah] dan komunikasikan juga dengan operator [penerbangan]," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper