Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Global Butuh Banyak SDM Logistik, IPC Corporate University Gandeng AFFA

Direktur Keuangan dan Pengembangan Bisnis PMLI Edy Purwanto menyampaikan kerja sama itu meneguhkan PMLI yang kian siap dalam menyelenggarakan pelatihan kompetensi SDM Logistik Indonesia yang bertaraf internasional.
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Asean Federation of Forwarders Associations menjalin kerja sama dengan PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia menyelenggarakan pelatihan SDM profesional bidang logistik di Tanah Air dengan menggunakan 15 Core Curriculums in Logistics standar Asean.

Direktur Keuangan dan Pengembangan Bisnis PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) Edy Purwanto menyampaikan kerja sama itu meneguhkan PMLI yang kian siap dalam menyelenggarakan pelatihan kompetensi SDM Logistik Indonesia yang bertaraf internasional.

“Selain standar Asean, PMLI juga sedang dalam tahap untuk mendapatkan akreditasi sebagai penyelenggara pelatihan logistik skala global dari sebuah organisasi pelatihan kelas dunia, tinggal tunggu launching,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (10/11/2019).

Sebagai badan usaha yang fokus dalam pelatihan dan konsultan, anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II itu melihat visi pemerintah 5 tahun ke depan sebagai momentum untuk aktif ambil bagian dalam pengembangan SDM logistik.

Selain itu, PMLI dengan brand IPC Corporate University ingin mewujudkan visi perusahaan untuk menjadi mitra pembelajaran terbaik dalam peningkatan kompetensi SDM pada industri kepelabuhanan, maritim dan logistik di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Asean Federation of Forwarders Associations (AFFA) Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan pihaknya telah mendapatkan kepercayaan hingga dua kali oleh Sekretariat Asean yang didanai oleh Pemerintah Jepang untuk membuat kurikulum pelatihan SDM logistik tingkat pemula berbasis digital pada 2020.

“Indonesia yang memiliki penduduk usia produktif besar, seharusnya bisa mendorong SDM-nya untuk bisa bersaing di tingkat internasional," kata Yukki.

Suatu hari nanti, dia membayangkan SDM logistik kompeten yang terlatih dari Indonesia bisa berkarir di luar negeri dan siap menghadapi Komunitas Ekonomi ASEAN 2025.

AFFA merupakan perkumpulan asosiasi pelaku industri logistik Asean yang sudah berkiprah selama 30 tahun adalah satu-satunya entitas industri logistik yang terafiliasi di sekretariat Asean.

AFFA telah dipercaya menjadi mitra Asean dalam pengembangan kurikulum pendidikan logistik dan menyediakan pool of trainer logistik berlatar belakang praktisi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper