Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adhi Karya Alokasikan Belanja Modal hingga Rp8 Triliun dalam 5 Tahun

Dalam 3 tahun—4 tahun ke depan, Adhi Karya juga berniat melakukan divestasi sejumlah aset yang sudah mulai memberi keuntungan.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Adhi Karya (Persero) Tbk. siap terlibat dalam investasi pada proyek-proyek infrastruktur dalam 5 tahun ke depan.

Investasi pada proyek infrastruktur dinilai masih menjanjikan seiring rencana pemerintah menggenjot proyek-proyek kerja sama dengan badan usaha.

Direktur Pengembangan & QHSE PT Adhi Karya Tbk. (ADHI) Partha Sarathi mengatakan bahwa beberapa proyek infrasruktur yang dibidik perseroan antara lain jalan tol, air minum, dan energi. Investasi pada proyek infrastruktur diharapkan memberi dampak pada perolehan kontrak konstruksi.

"Kami tetap fokus di infrastruktur dan capex [capital expenditure] dalam 5 tahun kurang lebih Rp200 triliun. Kami tidak 100 persen, tergantung share-nya. Yang jelas, tujuannya feeding [perolehan kontrak] ke konstruksi," jelas Partha kepada Bisnis, pekan lalu.

Dia menambahkan bahwa belanja modal untuk investasi proyek infrastruktur bisa diperoleh lewat beragam cara, mulai dari penyertaan modal hingga pinjaman dan penerbitan surat utang.

Dia memperkirakan belanja modal yang bakal dirogoh untuk investasi dalam 5 tahun ke depan mencapai kisaran Rp7 triliun—Rp8 triliun.

Menurut Partha, investasi pada proyek-proyek infrastruktur bakal terbuka, terlebih pemerintah bakal memulai pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

Biaya pemindahan ibu kota negara mencapai Rp486 triliun. Sebanyak Rp265,20 triliun atau 54,60 persen biaya tersebut diharapkan berasal dari  kerja sama dengan badan usaha.

Dalam catatan Bisnis, hingga saat ini ADHI sedikitnya terlibat dalam investasi enam proyek senilai Rp95 triliun.

Dari enam proyek itu, ada tiga proyek jalan tol yang digarap perseroan bersama mitra dengan penyertaan modal bervariasi. Pada proyek jalan tol Solo—Yogyakarta, Adhi Karya bakal memegang porsi 40 persen, sedangkan di proyek jalan tol Cikunir—Ulujami sebesar 15 persen.

Adhi Karya juga menguasai 3 persen saham di PT Jakarta Tollroad Development, pemegang konsesi 6 ruas tol dalam kota Jakarta.

Selain jalan tol, ADHI juga terlibat dalam tiga proyek sistem penyediaan air minum (SPAM). Ketiga proyek tersebut yakni SPAM Karian Timur, SPAM Karian Barat, dan SPAM Dumai. Seluruh proyek ini merupakan prakarsa badan usaha (unsolicited) dan sejauh ini baru SPAM Dumai yang sudah memulai konstruksi.

Partha menuturkan bahwa dalam 3 tahun—4 tahun ke depan, Adhi Karya juga berniat melakukan divestasi sejumlah aset yang sudah mulai memberi keuntungan (brownfield).

Keuntungan dari penjualan aset itu bisa digunakan untuk mendanai sejumlah proyek baru. "Sekarang masih greenfield, belum ada yang bisa divest. Perlu tiga sampai empat tahun lagi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper