Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

12 Armada Gabungan Atasi Pencemaran Laut Sorong

Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) menggelar latihan bersama penanggulangan musibah pencemaran tumpahan minyak di laut.
Kapal laut. Ilustrasi./Bisnis
Kapal laut. Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) menggelar latihan bersama penanggulangan musibah pencemaran tumpahan minyak di laut.

Hal inidalam rangka menanggulangi musibah tumpahan minyak, kebakaran kapal, pencarian dan pertolongan orang yang jatuh ke laut, serta menguji dan mengevaluasi kemampuan personil dan peralatan beberapa instansi.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ahmad, mengungkapkan latihanbersama penanggulangan tumpahan minyak di laut atau yang lebih dikenal dengan Marine Pollution Exercise (Marpolex) dikemas dalam Simulasi Latihan penanggulangan Musibah di Laut (Silamusdila) ini melibatkan beberapa kapal milik berbagai unsur instansi Pemerintah.

"Kegiatan Marpolex di Sorong ini tidak hanya menguji personel dan peralatan, melainkan juga untuk menguji prosedur, alur komando, komunikasi, dan organisasi operasi penanggulangan tumpahan minyak dan pencarian dan pertolongan," ujarnya dalam keterangan, Jumat (1/11/2019).

Adapun terdapat 12 kapal yang terlibat dalam latihan ini antara lain K.N. Kalawai, TB Semar, TB Manuk, KNP 361, Sea Raider/RIB KPLP Sorong, SPOB Sartika 01, Sea Raider TNI AL, Sea Raider Polairud, Sea Raider Basarnas, RIB Navigasi I, RIB K.N. Kalawai, KNP Kurisi. Latihan pun melibatkan Stasiun Radio Pantai/SROP setempat.


Lebih lanjut Ahmad mengatakan, acara Silamusdila yang digagas oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Sorong ini dimaksudkan untuk mewujudkan dan meningkatkan koordinasi antar instansi di sekitar Sorong, serta untuk menjaga menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim.


Adapun dalam setiap pelaksanaan latihan Marpolex selalu dilaksanakan diawali pada setiap level, mulai dari daerah, nasional hingga tingkat internasional.


"Ini juga sebagai persiapan latihan marpolex tingkat nasional dan internasional yang akan dilaksanakan secara berkala, yang mana latihan marpolex nasional akan digelar di Balikpapan 2020 dan untuk regional bersama Filipina dan Jepang akan dilaksanakan di Indonesia pada 2021," tuturnya.


Ahmad berharap kegiatan Marpolex di Sorong ini menjadi pemicu semangat kebersamaan dan koordinasi antar instansi dalam mewujudkan keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim menjelang latihan marpolex tingkat nasional di Balikpapan.


Pada kesempatan yang sama, dalam laporannya Kepala KSOP Kelas I Sorong M. Takwim Masuku mengatakan kegiatan semacam ini rencananya akan rutin dilakukan guna meningkatkan sinergitas antar pemangku kepentingan semakin kuat.


"Dengan adanya latihan gabungan Marpolex ini, masing-masing stakeholder memahami tugas dan fungsinya masing-masing dalam menanggulangi kecelakaan di laut," tutur Takwim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper