Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi Potensi Resesi 2020, Volume Ekspor Perlu Digenjot

Rektor dan juga ekonom Unika Atma Jaya A. Prasetyantoko menyatakan relaksasi yang dilakukan Bank Indonesia adalah upaya untuk menjaga pertumbuhan di atas 5% pada 2020.
Aktivitas perdagangan di pelabuhan/Bisnis.com
Aktivitas perdagangan di pelabuhan/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Empat kali pemangkasan suku bunga pada tahun ini oleh Bank Indonesia diprakirakan tidak terlalu berbahaya bagi likuiditas selama kebijakan fiskal bisa ikut merelaksasi kebijakan ekspor guna menjaga neraca perdagangan.

Rektor dan juga ekonom Unika Atma Jaya A. Prasetyantoko menyatakan relaksasi yang dilakukan Bank Indonesia adalah upaya untuk menjaga pertumbuhan di atas 5% pada 2020. Apalagi, dengan peluang adanya perlambatan ekonomi dunia, diawali dengan menurunnya permintaan dan volume ekspor-impor, maka instrumen moneter perlu menyesuaikan diri.

“Tahun depan kalau ancaman di mana pertumbuhan ekonomi ini semakin dalam dan gejolak meningkat, kita harus mainkan instrumen jangka pendek jika terjadi tekanan, atau di action rate suku bunga bisa dinaikkan lagi,” ujar Prasetyantoko di Gedung Yustinus Unika Atma Jaya, Senin (28/10/2019).

Dia menyatakan, jika sekarang Bank Indonesia juga ekspansi dalam menurunkan suku bunga, tahun depan Bank Indonesia juga ruang yang lebih luas kembali untuk menghadapi tekanan yang lebih besar.

Pengajar di Graduate School of Business Magister Manajemen Ekonomi Terapan Unika Atma Jaya ini juga mengatakan, hal-hal yang perlu dipertimbangkan pada potensi resesi tahun depan adalah selain krisis finansial tetapi juga aliran modal keluar (capital outflow), dan depresiasi nilai tukar.

Beberapa dampak yang perlu diperhitungkan sedini mungkin oleh pengambil kebijakan adalah penurunan harga komoditas yang bisa memberi pukulan pada pelemehan ekspor lebih lanjut dan penurunan penerimaan.

“Maka selain kebijakann moneter, kebijakan fiskal [relaksasi] diperlukan, relaksasi ekspor, itu juga arah yang bisa dilakukan,” tuturnya.

Dampak lainnya adalah berkurangnya investasi langsung atau foreign direct investment (FDI) maupun investasi portofolio. Bisnis.com mencatat, aliran modal asing portofolio secara year to date, Januari sampai 24 Oktober 2019 tercatat Rp210 triliun. Secara teperinci, aliran modal asing tersebut meliputi Rp157,6 triliun untuk Surat Berharga Negara (SBN), dan saham Rp50,3 triliun.

Jika secara week-to-date, sampai 24 Oktober 2019 aliran modal masul tercatat Rp12,03 triliun. Adapun porsi Surat Berharga Negara (SBN), dan Rp12,19 triliun, namun saham tercatat aliran dana keluar sebesar Rp230 miliar atau Rp0,23 triliun.

“Ini adalah risiko yang mesti diantisipasi dan apa kebijakan yang struktural untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas,” kata Prasetyantoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper