Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Bandara, 6 Pelabuhan, dan Sejumlah Fasilitas Transportasi Darat Segera Dibangun di Papua dan Papua Barat

Kementerian Perhubungan percepat pembangunan infrastruktur transportasi di Provinsi Papua dan Papua Barat. Sejumlah 10 bandara, 6 pelabuhan, serta sejumlah fasilitas transportasi darat segera dibangun.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi/ANTARA-Wahyu Putro A
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi/ANTARA-Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan percepat pembangunan infrastruktur transportasi di Provinsi Papua dan Papua Barat. Sejumlah 10 bandara, 6 pelabuhan, serta sejumlah fasilitas transportasi darat segera dibangun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengumpulkan seluruh Unit Pelaksana Teknis di Papua dan Papua Barat untuk menyampaikan Pembangunan infrastruktur transportasi yang menjadi prioritas di kedua provinsi tersebut.

“Pemerintah ingin melakukan percepatan berbagai pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur transportasi untuk meningkatkan konektivitas di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat sebagaimana arahan Bapak Presiden bahwa Papua adalah masa depan Indonesia,” jelasnya dalam keterangan resmi, Minggu (27/10/2019).

Menhub mengatakan berbagai infrastruktur prasarana dan sarana transportasi di sektor perhubungan darat, laut dan udara di kedua provinsi tersebut akan segera dikembangkan.

Kemenhub akan menggarap sejumlah infrastruktur transportasi di dua wilayah paling timur Indonesia tersebut, khususnya di sektor perhubungan udara.

Kemenhub akan membangun dan mengembangkan 10 bandara yaitu masing-masing 6 bandara di Papua yaitu Bandara Ewer, Bandara Kepi, Bandara Ilaga, Bandara Oksibil, Bandara Nabire Baru, dan Bandara Mopah. 

Sementara itu, 4 bandara akan dibangun atau dikembangkan di Provinsi Papua Barat yaitu Bandara Rendani Manokwari, Bandara Waisai Raja Ampat, Bandara Wasior Baru, dan Bandara Baru Siboru Fak-fak.

“Mengingat angkutan udara adalah angkutan utama dari satu tempat ke tempat yang lain. Kita membahas detail dan memberikan suatu alokasi anggaran yang relatif besar, 33 persen dari anggaran pembangunan perhubungan udara itu ada di Papua," tutur Menhub.

Selain bandara, Kemenhub akan mengembangkan sektor perhubungan laut dengan membangun sejumlah pelabuhan yaitu Pelabuhan Depapre, Pelabuhan Nabire, Pelabuhan Pomako, Pelabuhan Moor, dan Pelabuhan Serui untuk Provinsi Papua serta Pelabuhan Kaimana di Provinsi Papua Barat.

“Selain itu, beberapa pelabuhan utama yang kita bahas adalah yang di Sorong. Kita akan memilih antara Pelabuhan di Arar dengan Pelabuhan Seget untuk dikembangkan, sementara di Sorong juga ada pelabuhan rakyat, sehingga itu juga akan kita berikan jalan akses melalui tanah kita,” terang Menhub.

Di sektor perhubungan darat, Kemenhub akan membangun Terminal Bus Entrop di kota Jayapura, Papua, dermaga bus air di Danau Sentani, Fasilitas Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Skouw, Kabupaten Jayapura yaitu penyediaan bus dan bus air. 

Pembangunan yang dilakukan juga dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung di Papua pada 2020 mendatang.

Pemerintah tengah fokus membangun kedua Provinsi di Papua dengan berpedoman pada Peraturan Presiden No. 17/2019 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

“Diharapkan dapat meningkatkan efisiensi logistik dengan semakin murahnya biaya logistik, meningkatkan efisiensi transaksi barang dan jasa, serta mendorong keberhasilan produk nasional berdaya saing,” ujar Menhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper