Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Forum Bisnis RI–Amerika Latin & Karibia Hasilkan Komitmen Investasi US$5 Miliar

Forum Bisnis Indonesia-Amerika Latin dan Karibia (Indonesia-Latin America and the Caribbean Business Forum/INA-LAC) menghasilkan komitmen investasi di bidang pertambangan senilai US$5 miliar atau setara dengan Rp70 triliun untuk periode 5 tahun ke depan.
Ilustrasi investasi/Istimewa
Ilustrasi investasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA --  Forum Bisnis Indonesia-Amerika Latin dan Karibia (Indonesia-Latin America and the Caribbean Business Forum/INA-LAC) menghasilkan komitmen investasi di bidang pertambangan senilai US$5 miliar atau setara dengan Rp70 triliun untuk periode 5 tahun ke depan.

Selain itu, juga dicatat potensi kesepakatan dagang senilai Rp463,68 miliar atau lebih dari US$33,12 juta di sektor kecantikan, makanan minuman, suku cadang, produk karet dan furnitur melalui forum yang diselenggarakan yang diselenggarakan pada 14--15 Oktober 2019 di Tangerang, Banten itu.

Plt. Dirjen Amerika dan Eropa (Amerop) Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan forum ini juga menghasilkan beberapa kesepakatan yaitu kerja sama fasilitasi ekspor-impor antara LPEI/ Bank Exim Indonesia dengan Bancoldex Kolombia.

Kemudian forum ini juga menandai dimulainya dialog menuju pembentukan perjanjian perdagangan RI-MERCOSUR, pembahasan kerangka acuan kerja (term of reference/TOR) perundingan Partial Trade Agreement RI-Kolombia, serta kerja sama teknik dan pembangunan kapasitas masyarakat dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Belize, Panama, dan Suriname.

Sebagai catatan, MERCOSUR merupakan organisasi yang terdiri dari negara-negara Amerika Selatan yang terdiri dari Brasil, Paraguay, Uruguay dan Venezuela.

"Sejauh ini, Indonesia tercatat baru memiliki satu perjanjian perdagangan dengan negara di kawasan yaitu Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Chile (ditandatangani pada Desember 2017)," kata Faizasyah dalam siaran pers yang diterima oleh Bisnis.com pada Selasa (15/10/2019).

Selain itu, menurut Faizasyah telah dicapai pula kesepakatan kerja sama antara LPEI dengan Bancomext Meksiko (ditandatangani tahun 2013), serta kerja sama antar KADIN RI-Meksiko (ditandatangani 2018). Indonesia juga tercatat sedang menginisiasi negosiasi perdagangan dengan Peru, Ekuador, Kolombia, Meksiko, dan Panama.  

Keseluruhan pencapaian dalam INA-LAC merupakan perwujudan komitmen untuk menerjemahkan hubungan baik antara Indonesia dengan kawasan Amerika Latin dan Karibia ke dalam kerja sama ekonomi yang konkret dan saling menguntungkan.

Pelaksanaan INA-LAC 2019 sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor dengan pasar non-tradisional Indonesia.

“Hasil dari Forum ini akan terus ditindaklanjuti pada 2020 dan tahun-tahun berikutnya serta akan menjadi program kegiatan Ditjen Amerika dan Eropa Kemenlu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper