Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Beri Bantuan 200 PJU-TS untuk Masyarakat Adat Sumba Tengah

Masyarakat di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), mendapat bantuan berupa 200 penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di sebagian lokasi kawasan adat dari Kementerian ESDM.
Alor di Nusa Tenggara Timur (NTT)./Istimewa
Alor di Nusa Tenggara Timur (NTT)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Masyarakat di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), mendapat bantuan berupa 200 penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di sebagian lokasi kawasan adat dari Kementerian ESDM.

Bupati Sumba Tengah Paulus S.K. Limu mengatakan meskipun merupakan penerangan jalan umum, PJU-TS lebih efektif untuk dipasang di rumah-rumah budaya. Satu kampung bisa memasang sebanyak 10 hingga 30 PJU-TS di masing-masing rumah budaya yang ada.

Menurutnya, PJU-TS tersebut sangat penting untuk menyokong kegiatan budaya yang biasanya membutuhkan waktu lebih dari satu hari.

"Ini lampu untuk jalan umum, tetapi efektifnya di Sumba Tengah. Sebagiannya kami gunakan juga untuk pemasangan di kampung-kampung adat, rumah-rumah budaya," katanya, seperti dikutip dalam rilis, Jumat (11/10/2019).

Direktur Perencanaan dan Pembangunan EBTKE Kementerian ESDM L.N. Puspa Dewi mengatakan pembangunan PJU-TS ini adalah bagian dari pemanfaatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian ESDM yang harus dirasakan langsung oleh masyarakat sehingga mendorong aktivitas perekonomian masyarakat.

Menurut Dewi, PJU-TS yang telah dibangun nantinya akan dikelola dan dipelihara oleh pemerintah Kabupaten. Dia mengharapkan infrastruktur yang telah dan akan dibangun dapat dikelola dan dipelihara oleh pemda dan masyarakat agar manfaatnya dapat bisa dirasakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama.

"Semoga dengan adanya pemasangan PJU ini dapat memberikan manfaat dan membantu bagi masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur agar pengembangan perekonomian dapat berjalan lebih cepat," katanya.

Sepanjang 2016 hingga 2018, Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE telah membangun sebanyak 30.000 titik penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) untuk sepanjang 1.500 KM jalan umum di 200 Kabupaten.

Pada 2019, program PJU-TS dilaksanakan di 31 provinsi dengan jumlah PJU-TS sebanyak 22.550 Titik. Di Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada 2019 telah dan akan dibangun PJU-TS sebanyak 1.160 titik yang tersebar di 8 Kabupaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper