Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Siap Kembangkan Kota Baru Berbasis Ekonomi Kreatif

Badan Ekonomi Kreatif tahun depan akan membangun Bekraf Creative District, sebuah kota baru yang berbasis ekonomi kreatif.
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf/Bisnis-Dwi Prasetya
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf/Bisnis-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Ekonomi Kreatif tahun depan akan membangun Bekraf Creative District, sebuah kota baru yang berbasis ekonomi kreatif.

Ketua Bekraf Triawan Munaf mengatakan BCD nantinya akan menjadi pusat pengembangan ekonomi kreatif di Tanah Air. Triawan menyebut pembangunan BCD berangkat dari gagasan Presiden Joko Widodo terkait pengembangan kota kreatif atau creative city.

"Ini [adalah] cita-cita Presiden Jokowi agar Indonesia mempunyai creative city. BCD sedang kita rencanakan dan sedang dalam pembahasan dan kami [juga] berkolaborasi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan instansi pemerintah lainnya," kata Triawan ketika ditemui di Jakarta, Jumat (27/09/2019).

Triawan menjelaskan saat ini pihaknya masih belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai anggaran yang disiapkan untuk pembangunan BCD. Namun yang jelas, keterlibatan swasta akan jauh lebih besar dibandingkan dengan pemerintah pada proyek kota kreatif pertama di Tanah Air ini.

"[Lokasi] di Jawa, anggaran belum ada angka pasti anggaran [untuk] BCD, karena konsep masih perlu dibahas dengan Kementerian PPN/Bappenas. [Total anggaran pembangunan] 10% dari pemerintah sisanya swasta," ungkapnya.

Menurut Triawan, BCD rencananya akan dibangun di lahan yang luasnya tak lebih dari 3.000 hektare. Untuk tahap awal, hanya ada satu subsektor ekonomi yang dikembangkan dalam BCD.

"[Pengembangannya] bertahap, kita ingin fasilitasi satu subsektor dulu jadi, kemudian subsektor lain. Jangan semua subsektor langsung dibangun, tapi nanti malah enggak jadi apa-apa," papar Triawan.

Triawan menambahkan, ke depannya akan ada enam subsektor ekonomi kreatif unggulan yang dikembangkan di BCD.

Di kawasan tersebut nantinya akan ada kuliner, fesyen, kriya, film, musik, dan gim. Namun, Triawan belum bisa memastikan subsektor mana yang nantinya akan dikembangkan terlebih dahulu.

Lebih lanjut Triawan menjamin pelaku ekonomi kreatif yang nantinya menempati BCD akan mendapatkan sejumlah insentif baik fiskal maupun nonfiskal. Semua itu tengah disiapkan oleh pemerintah setelah disahkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) Ekonomi Kreatif pada Kamis (27/9/2019) oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Selain insentif dari pemerintah tentunya [akan] disiapkan fasilitas-fasilitas pendukung bagi pelaku ekonomi kreatif dan pengunjung BCD," tegas Triawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper