Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IBU KOTA NEGARA : Permintaan Lahan & Properti Meningkat

Pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur bakal makin menggairahkan potensi bisnis properti di daerah tersebut.
Peta Kalimantan Timur/Repro-Google Maps
Peta Kalimantan Timur/Repro-Google Maps

Bisnis.com, JAKARTA — Rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur bakal mendorong pembangunan yang masif sekaligus meningkatkan permintaan terhadap kebutuhan lahan dan properti.

Direktur PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) Paul Christian mengakui bahwa sejak informasi mengenai rencana pemindahan ibu kota negara beredar di kalangan publik, minat pasar untuk investasi properti di kota-kota besar sekitar ibu kota baru mengalami peningkatan.

APL merupakan salah satu pengembang properti yang mengembangkan apartemen Borneo Bay City yang berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Paul meyakini bahwa rencana pemindahan ibu kota ke Kaltim bakal makin menggairahkan potensi bisnis properti di daerah tersebut.

“Minat pasar di Balikpapan belakangan ini memang meningkat setelah ada berita pemindahan ibu kota ke Kaltim,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (25/9/2019).

Sebelumnya, Head of Sales and Marketing Borneo Bay City Yoga Gunawan mengatakan meski nilai dan minat investasi di Kalimantan Timur sempat melambat karena ada perlambatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, kenaikan investasi tidak terlalu signifikan tahun ini.

Direktur PT Ciputra Development Tbk. Harun Hajadi menuturkan bahwa pemindahan ibu kota ke Kaltim berdampak positif terhadap prospek bisnis properti di provinsi itu.

Harun menjelaskan, Ciputra sendiri telah memiliki beberapa proyek di Balikpapan, dan Samarinda. Pihaknya telah cukup lama mengembangkan proyek-proyek properti di dua kota tersebut.

"Di Samarinda kami ada tiga proyek, dan di Balikpapan ada satu proyek. Semuanya [pengembangan] sudah berjalan sekitar 6 hingga 10 tahun," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper