Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jawa Bakal Miliki Jaringan Tol Terlengkap, Ini Ruas Baru yang Akan Dibangun

Jalur-jalur sirip juga dibutuhkan agar konektivitas antardaerah semakin luas.

Bisnis.com, JAKARTA — Proyek pengusahaan jalan tol Semarang—Demak rencananya dilanjutkan hingga ke Tuban dan Gresik, Jawa Timur.

Selain itu, jalur-jalur penghubung ruas tol tersebut juga akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sehingga Pulau Jawa memiliki jaringan tol yang lengkap dan terkoneksi.

Menteri Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa jalur-jalur sirip juga dibutuhkan agar konektivitas antardaerah semakin luas.

"Kami pasti juga akan butuh yang sirip-siripnya, misalnya, dari Cirebon ke Purwokerto. Tahun ini juga akan kami lelang dari Cigatas [Ciawi—Garut—Tasikmalaya] langsung ke Kulonprogo dan Solo ke Yogyakarta dan Bawen ke Yogyakarta," ujarnya, Senin (23/9/2019).

Ruas tol Semarang—Demak akan melengkapi jalan tol Trans-Jawa di jalur utara dan akan dilanjutkan dengan rute Kudus—Pati—Rembang—Tuban. Kemudian di jalur selatan akan dibangun jalan tol yang menghubungkan Ciawi—Garut—Tasikmalaya—Cilacap—Kulonprogo, dan Yogyakarta—Solo.

Basuki menambahkan bahwa pengusahaan ruas Semarang—Demak akan rampung pada 2022 dan pengerjaan ruas tol lanjutannya akan dimulai tahun depan.

"Jadi, semua sudah lengkap. Mudah-mudahan pergerakan ekonomi lebih baik lagi di Pulau Jawa," kata Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper