Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seluruh PDAM Ditargetkan Berkinerja Sehat pada 2024

SDM menjadi faktor kunci untuk mengelola mengelola infrastruktur air minum secara optimal.
PDAM Kota Makassar  mengestimasi kehilangan potensi pendapatan  Rp180 juta akibat kerusakan  fasilitas sumber air baku/ perusahaan.Istimewa
PDAM Kota Makassar mengestimasi kehilangan potensi pendapatan Rp180 juta akibat kerusakan fasilitas sumber air baku/ perusahaan.Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat menargetkan seluruh perusahaan daerah air minum di Indonesia bisa mencetak kinerja dengan kategori sehat pada 2024.

Pengembangan kompetensi sumber daya manusia menjadi kunci bagi penyehatan kinerja perusahaan daerah air minum (PDAM).

Kepala Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian PUPR Bambang Sudiatmo mengatakan bahwa SDM menjadi faktor kunci untuk mengelola mengelola infrastruktur air minum secara optimal.

“Kami menargetkan pada tahun 2024 kinerja PDAM di Indonesia menjadi sehat 100 persen dan memiliki SDM yang kompeten untuk mendukung pemerintah merealisasikan Program 10 juta SR [sambungan rumah],” ujar Bambang melalui siaran pers, Senin (23/9/2019).

Berdasarkan laporan hasil kinerja PDAM 2018, sebanyak 223 PDAM mencatat kinerja sehat.

Sementara itu, 99 PDAM berkinerja kurang sehat dan 52 PDAM sakit. Secara keseluruhan, ada 374 PDAM yang dievaluasi dalam laporan tersebut. Dengan kata lain, hingga tahun lalu masih terdapat 40 persen PDAM yang belum berkinerja sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Zufrizal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper