Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Fakta di Balik Kompetisi Olahraga Antaroperator Pelabuhan se-Asean di Yogyakarta

PT Pelindo II (Persero) atau IPC bersama Pelindo I, III, dan IV menjadi tuan rumah ajang kompetisi olahraga antarpengelola pelabuhan sembilan negara Asia Tenggara yang tergabung dalam Asean Ports Association (APA).
Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelindo II (Persero) atau IPC bersama Pelindo I, III, dan IV menjadi tuan rumah ajang kompetisi olahraga antarpengelola pelabuhan sembilan negara Asia Tenggara yang tergabung dalam Asean Ports Association (APA).

Kompetisi yang memperebutkan 42 medali emas dari tujuh cabang olahraga, yakni badminton, tenis, tenis meja, golf, bowling, mini marathon, dan futsal ini, digelar 18-20 September 2019. Enam olahraga digelar di Yogyakarta, sedangkan bowling diselenggarakan di Semarang.

“Keterlibatan kami di APA adalah bentuk komitmen IPC untuk menjaga hubungan bilateral dengan pelabuhan-pelabuhan seluruh Asean. Kami bangga mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah APA Sports Meet tahun ini," ujar Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya melalui siaran pers, Jumat (20/9/2019).

APA yang dibentuk pada 1974 memiliki agenda kegiatan rutin yang digelar di negara anggota secara bergantian, seperti annual meeting dan HR meeting. Khusus APA Sports Meetdiselenggarakan setiap tiga tahun dan penyelenggaraan ke-13 bertempat di Indonesia.

Keterlibatan banyak pihak dalam acara internasional ini tidak hanya membawa manfaat dan keuntungan bagi kerja sama antaranggota APA, tetapi juga bagi kota Yogyakarta yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan, baik di sektor ekonomi, budaya, maupun pariwisata daerah. 

Berikut ini beberapa fakta menarik terkait penyelenggaraan 13th APA Sports Meet 2019:

Pertama, diikuti 1.000 Kontingen dari 9 Negara Asean. APA Sports Meet 2019 diikuti oleh 1.000 kontingen atlet dan suporter yang berasal dari sembilan negara di Asia Tenggara yang tergabung dalam APA. Kesembilan negara itu mencakup Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam. Antusiasme yang tinggi dari para kontingen sudah terlihat saat disambut pada prosesi kedatangan di bandara hingga makan malam penyambutan yang digelar pada Senin (17/9/2019).

Kedua, mendorong sektor pariwisata dan budaya Yogyakarta. Dengan dihadiri oleh 1.000 kontingen dari sembilan negara Asia Tenggara, 13th APA Sports Meet turut berkontribusi meningkatkan kunjungan pariwisata Yogyakarta yang sejalan dengan target Kementerian Pariwisata untuk mencapai 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019. 

Kunjungan para kontingen ke sejumlah destinasi wisata di Yogyakarta menjadi momentum untuk memperkenalkan lebih luas lagi budaya Indonesia, khususnya Jawa. Upacara penutupan yang rencananya digelar di Candi Prambanan pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para kontingen dari Asia Tenggara yang memang menyukai wisata religi berpadu sejarah dari candi-candi legendaris.

Ketiga, IPC mempunyai alasan di balik pemilihan lokasi utama penyelenggaraan kompetisi 13th APA Sports Meet ini. Meskipun lebih kecil dibanding stadion lain, pemilihan Gelanggang Olahraga (GOR) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Gajah Mada (UGM) merupakan bentuk kepedulian dan kontribusi nyata Pelindo I, II, III, dan IV dalam mendorong kemajuan sektor pendidikan. 

Keempat, mendorong perekonomian Yogyakarta. Kedatangan 1.000 kontingen, termasuk atlet dan suporter, dari sembilan negara di Asia Tenggara selama satu pekan dipastikan akan mendorong geliat perekonomian di Yogyakarta dan Semarang. Okupansi hotel, bisnis penyewaan kendaraan, dan bisnis kuliner hingga cinderamata, meningkat tidak hanya pada akhir pekan, tetapi juga pada hari kerja.

Kelima, menguatkan citra positif Indonesia. Sebagai tuan rumah 13th APA Sports Meet, IPC bersama Pelindo I, III, dan IV (Persero) juga berupaya menampilkan wajah Indonesia yang selalu siap menggelar event internasional. Keterlibatan anak-anak muda dalam event ini juga memperkuat citra Indonesia yang penuh semangat sportivitas, terlebih seusai penyelenggaraan Asian Games 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper