Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BKPM Kembali Raih Opini WTP dari BPK

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ini menjadi yang kelima kalinya berturut-turut diraih oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
Gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Jakarta./bkpm.go.id
Gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Jakarta./bkpm.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali diraih oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk kelima kalinya secara berturut-turut. 

Opini tersebut didapat berdasarkan audit Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2018 milik BKPM pada periode 2014-2018. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Kepala BKPM Thomas Lembong di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). 
Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan prestasi ini menunjukkan upaya BKPM untuk terus bekerja keras mengelola anggaran secara transparan dan efisien. Meski demikian, dia mengingatkan seluruh jajaran BKPM untuk terus memperbaiki diri 
"Ke depannya, kami akan terus berupaya memperbaiki hal-hal yang dirasa masih kurang agar anggaran yang kami dapatkan dari rakyat digunakan dengan tepat dan efisien sehingga dapat dipertanggungjawabkan," ujar Thomas. 
Sementara itu, Sri Mulyani mengapresiasi Kementerian/Lembaga (K/L) yang mendapatkan opini WTP untuk audit laporan keuangan. Namun, dia menekankan agar K/L terkait tidak berpuas diri dan terus berupaya menggunakan pelaporan informasi keuangan guna memperbaiki kualitas perencaanaan penggangaraan dan penggunaan anggaran. 
“Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan perlu mengoptimalkan pengelolaan keuangan negara termasuk menggunakan informasi keuangan tersebut. Mendapatkan opini WTP bukan tujuan akhir, tetapi bagaimana pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban yang baik akan digunakan sebagai informasi bagi perencanaan penganggaran pada tahun berikutnya,” jelas Sri Mulyani.
Selain itu, BKPM juga mendapatkan penghargaan Opini WTP untuk ke-12 kalinya dan BMN Award Juara 3 Kategori Kualitas Pelaporan Barang Milik Negara (BMN) untuk Kelompok K/L dengan Jumlah Satuan Kerja 11 Sampai Dengan 100
Pemerintah memberikan penghargaan kepada 36 K/L yang memperoleh opini WTP selama lima kali berturut-turut atas laporan keuangan tahun 2014-2018. Pemerintah juga memberikan penghargaan BMN Award dalam hal pengelolaan BMN kepada 11 K/L dalam 3 kategori yaitu Utilisasi BMN, Kualitas Pelaporan BMN, dan Sertifikasi BMN, serta 2 kategori tambahan yaitu Continuous Improvement dan Peer Collaboration. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper