Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Hari Perhubungan Nasional, Sorong Bersihkan Laut dan Pantai

Asisten III Setda Kota Sorong, Rudy R Laku mewakili Wali Kota membacakan sambutan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengawali kegiatan bersih laut.
Pelabuhan Sorong/YouTube
Pelabuhan Sorong/YouTube

Bisnis.com, SORONG - Kementerian Perhubungan bersama TNI, Polri, instansi pemerintah, swasta, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat melakukan kegiatan bersih laut dan pantai yang terpusat di Pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, Kota Sorong, Papua Barat.

Asisten III Setda Kota Sorong, Rudy R Laku membacakan sambutan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengawali kegiatan bersih laut dan pantai itu.

Dia mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan gerakan bersih laut dan pantai di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional 2019.

Kegiatan bersih laut dan pantai ini dilakukan serentak di seluruh pelabuhan di Indonesia. Gerakan ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) dan Badan Pusat Statistik bahwa sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun, dengan sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut dan berbahaya bagi keberlangsungan ekosistem di laut.

Oleh karena itu, pemerintah menargetkan pengurangan sampah di laut hingga 70 persen pada 2025 agar mengurangi dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan laut dan pantai.

Rudy menyampaikan apresiasi kepada Direktorat Perhubungan Laut yang telah berhasil melakukan suatu gerakan massa yang mampu memberikan kontribusi terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan.

"Saya berharap semoga perilaku hidup bersih ini dapat menjadi budaya dari masyarakat Indonesia. Sebab laut dan pantai bersih hidup kita menjadi nyaman dan dapat menjadi investasi masa depan bagi generasi penerus bangsa Indonesia," jelasnya seperti dikutip Antara, Kamis (12/9/2019).

Dia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari yang tidak bisa serta-merta tetapi sedikit demi sedikit.

"Pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan gerakan bersih laut dan pantai terindah di seluruh Indonesia," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Hendra Wibawa
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper