Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaltim Lokasi Ibu Kota Baru, Ini Rencana Pembenahan di Bandara Sepinggan

Pengembangan Bandara Sepinggan tidak hanya dilakukan pada terminal atau sisi darat. Landasan pacu juga akan diperpanjang agar bisa melayani beragam jenis pesawat.
Pesawat berada di apron Bandara Sepinggan, Balikpapan, baru baru ini./JIBI-Paulus Tandi Bone
Pesawat berada di apron Bandara Sepinggan, Balikpapan, baru baru ini./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA--PT Angkasa Pura I (Persero) sedang mempersiapkan pengembangan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan hingga 30 juta penumpang per tahun untuk mengakomodasi ibu kota baru di Kalimantan Timur. 

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) I Faik Fahmi mengatakan bahwa pengembangan tidak hanya dilakukan pada terminal atau sisi darat. Landasan pacu atau runway juga akan diperpanjang agar bisa melayani beragam jenis pesawat.

"Bandara Balikpapan akan kami tambah kapasitasnya menjadi 30 juta penumpang per tahun. Pengembangan ini bisa dilakukan tanpa reklamasi," katanya, Senin (9/9/2019).

Saat ini, dia menambahkan kapasitas maksimal Bandara Balikpapan berkode BPN tersebut hanya 10 juta penumpang per tahun. Sepanjang 2018, realisasi jumlah penumpang hanya 7,5 juta orang dengan total populasi penduduk setempat sebanyak 600.000 jiwa.

Penambahan kapasitas terminal tersebut, lanjutnya, masih berupa perkiraan awal. Namun, bila ditambah dengan permintaan akibat perpindahan ibu kota negara, kapasitas tersebut masih mencukupi.

Dia menuturkan perpanjangan runway juga bisa dilakukan sebagai upaya penambahan kapasitas penumpang. Dimensi saat ini yang hanya 2.500 meter akan diperpanjang sebanyak 750 meter menjadi 3.250 meter.

Nantinya, runway tersebut akan sanggup melayani penerbangan pesawat berlorong ganda (twin aisle) atau biasa dikenal wide body. Selama ini, penggunaannya hanya terbatas pada pesawat berlorong tunggal (single aisle).

Perpanjangan tersebut mampu meningkatkan jumlah pergerakan pesawat dari 22 slot per jam menjadi 40 slot per jam. Selain pengaturan arus pesawat, runway juga akan dilengkapi oleh beberapa jalur keluar menuju apron (exit taxiway).

Faik menjelaskan pengembangan terminal akan mencakup bangunan lama dan baru. Terminal lama akan diperbarui dan digunakan kembali, sementara lahan yang dibutuhkan diklaim sudah dibebaskan oleh pemda setempat dan siap untuk dibangun.

Dia menuturkan investasi pengembangan bandara tahap awal tersebut tidak terlalu besar. Namun, angka pasti investasi yang diperlukan masih dalam proses penghitungan. "Penghitungannya masih nunggu laporan dari internal manajemen. Harus mengecek lapangan dulu," ujarnya.

Apabila sudah mendapatkan penugasan dari pemerintah pusat, AP I memperkirakan proses pembangunan hanya akan membutuhkan waktu 1 tahun sejak dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper