Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CoHive & Shinhan Financial Group Luncurkan Program Akselerasi Startup

Shinhan Future’s Lab Indonesia merupakan program akselerasi startup kedua di dunia.
Salah satu coworking space di Kuningan, Jakarta Selatan./Reuters
Salah satu coworking space di Kuningan, Jakarta Selatan./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — CoHive, perusahaan co-working space Indonesia, berkolaborasi dengan Shinhan Financial Group meluncurkan program akselerasi startup, Shinhan’s Future’s Lab Indonesia pada Senin (9/9/2019).

Shinhan Future’s Lab Indonesia merupakan program akselerasi startup kedua di dunia. Selain itu, Shinhan Future’s Lab memiliki co-working space untuk lebih dari 40 orang, berbagai ruang pertemuan, dan area komunal yang dapat mengakomodasi kebutuhan kelas atau seminar.

Shinhan Future’s Lab dirancang untuk menjadi pusat temu startup Korea Selatan dan Indonesia untuk mengembangkan ide-ide inovatif, berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta akses investasi. Program akselerasi startup ini dilaksanakan di lantai 12, gedung pusat CoHive 101 di area Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Ethan Choi, Co-Founder dan Chief of Creative Officer (CCO) CoHive, menjelaskan bahwa kolaborasi ini sangat bermanfaat bagi kedua negara.

“Visi yang paling ideal yakni dengan kolaborasi ini, startup Indonesia dan Korea Selatan dapat berinovasi bersama dan ekspansi ke pasar global," tuturnya di Jakarta (9/9/2019).

Namun, karena untuk mendapatkan mitra yang tepat tidaklah mudah, pihaknya menyediakan cara bagi Shinhan Financial Group (SFG) untuk terhubung, membangun kepercayaan, dan persahabatan, dan akhirnya berkolaborasi dengan CoHive.

Kolaborasi ini, lanjut Ethan, diharapkan dapat menghadirkan lingkungan yang mendukung startup untuk mengoptimalisasi pertumbuhan bisnis mereka sehingga menciptakan dampak positif bagi pertumbuhan startup di Indonesia.

Berdasarkan jumlah startup, Indonesia menjadi negara paling banyak memiliki perusahaan rintisan di Asia Tenggara dan ketiga terbanyak di dunia.

Sementara itu, Korea Selatan telah memiliki infrastruktur teknologi yang lebih canggih daripada negara maju lainnya sehingga SFG menjadikan mitra yang tepat dalam kerja sama bidang pengetahuan dan teknologi.

Presiden Bank Shinhan Jin Ok-dong mengatakan bahwa Shinhan Future’s Lab Indonesia mendukung program Pemerintah Indonesia untuk menjadi pusat startup di Asia Tenggara.

“Kami berkomitmen untuk aktif mendukung startup Indonesia dan Korea Selatan dalam memperluas bisnis mereka ke luar negeri. Shinhan telah beroperasi di Indonesia sejak 2016 dan kami yakin Indonesia memiliki potensi besar untuk startup Korea Selatan,” tambah Jin.

Selain itu, Wakil Ketua Komisi Jasa Keuangan Korea Selatan, Sohn Byung-doo menjelaskan bahwa Shinhan Future’s Lab adalah satu-satunya program akselerasi di Korea yang memiliki cabang di luar negeri dan mengoperasikan program pertukaran dengan negara lain.

“Kami ingin mengembangkan ekosistem startup di kedua negara dengan berbagai pengalaman dan pengetahuan untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia,” tambah Sohn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Putri Salsabila
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper