Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Ayam Terpuruk, Ini 7 Jurus Kementan untuk Pulihkan Harga

Kementerian Pertanian menerbitkan imbauan yang ditujukan kepada para pelaku usaha ayam domestik, guna mengatasi anjloknya harga komoditas tersebut di tingkat peternak mandiri.
Pedagang momotong ayam di pasar tradisional Citra Niaga Jombang, Jawa Timur, Selasa (30/4/2019)./ANTARA-Syaiful Arif
Pedagang momotong ayam di pasar tradisional Citra Niaga Jombang, Jawa Timur, Selasa (30/4/2019)./ANTARA-Syaiful Arif

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pertanian menerbitkan imbauan yang ditujukan kepada para pelaku usaha ayam domestik, guna mengatasi anjloknya harga komoditas tersebut di tingkat peternak mandiri.

Dalam keterangan resmi yang dipublikasikan Kementerian Pertanian di laman resminya, terdapat tujuh imbauan yang dikeluarkan oleh otoritas tersebut. Keenam imbauan tersebut dikeluarkan bersamaan dengan penerbitan sejumlah kebijakan untuk meredam anjloknya harga daging ayam ras di tingkat peternak.

Pertama, Kementan meminta peternak mandiri tidak melakukan aksi demo yang dapat menyebabkan situasi tidak kondusif. Kedua pelaku usaha atau integrator diminta memaksimalkan kapasitas pemotongan ayam di RPHU dan selanjutnya disimpan di cold storage minimal 30% dari produksi.

Ketiga, pelaku usaha/integrator diinstruksikan membuat perencanaan produksi DOC FS secara baik dan benar dengan mempertimbangkan kebutuhan pasar berdasarkan keseimbangan suplai dan permintaan.

Keempat, Kementan meminta agar Surat Edaran Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) No.: 095009/SE/PK.010/F/09/2019 tanggal 2 September 2019 tentang Pengurangan Day Old Chick (DOC) Final Stock (FS) tahun 2019 dilaksanakan dengan tertib dan penuh tanggungjawab.

Kelima, Kementan mengharapkan, seluruh Integrator berempati kepada peternak mandiri untuk mendorong stabiltas harga sesuai Peraturan Menteri PerdaganganNo. 96 tahun 2018.

Keenam, Kementan meminta seluruh pelaku usaha dan integrator dapat mengirimkan data yang benar dan transparan ke sistem pelaporan daring pada tautan http://bitpro.ditjenpkh.pertanian.go.id/unggas. Hal itu diperlukan, lantaran Ditjen PKH hanya akan menggunakan data yang dilaporkan via online dalam menganalisis produksi dan permintaan.

Ketujuh, ,sebagai bentuk pertanggung jawaban Kementan,  hasil pelaporan populasi, produksi dan distribusi GPS, PS, dan FS per provinsi per bulan dapat dilihat oleh masyarakat pada tautan http://bitpro.ditjenpkh.pertanian.go.id/unggas/Publik.html

Adapun, berdasarkan data yang dimiliki oleh Kementan hingga September, potensi kebutuhan daging ayam ras pada 2019 sebesar 3.251.745 ton atau rata-rata 270.979 ton per bulan. Sementara itu,  sedangkan potensi produksi daging ayam ras  pada 2019 sebanyak 3.829.663 ton atau rata-rata 319.139 ton per bulan. 

“Dari data tersebut terdapat potensi surplus sebanyak 577.918 ton atau 17.77% selama periode 2019,” tulis Kementan seperti dikutip dari laman resminya, Sabtu (9/7/2019)

Namun demikian, menurut Kementan, dari data potensi produksi dan konsumsi tersebut, realisasi  hingga Agustus 2019 terdapat surplus sebesar 7.29% dari kebutuhan nasional. Dari surplus sebanyak 7.29%, menurut Kementan sangat ideal untuk cadangan pangan khususnya daging unggas secara nasional. 

Kementan menyatakan telah menginstruksikan adanya kebijakan Cutting HE umur 19 hari dan tunda setting berdasarkan Surat Edaran Ditjen PKH No. 095009/SE/PK.010/F/09/2019 tanggal 2 September 2019 tentang Pengurangan Day Old Chick (DOC) Final Stock (FS) tahun 2019.

Langakh tersbeut dilakukan untuk mempercepat berkurangnya produksi DOC FS dengan harapan peternak mandiri menikmati harga pokok pembelian yang stabil sesuai Permendag No.96 Tahun 2018.

Kementan mengatakan, terjadinya anomali harga livebird di tingkat peternak dengan harga Rp.11.000/kg-17.000/kg, dibandingkan dengan harga di pasar yang masih stabil tinggi sebesar Rp. 30.0000/kg-35.000/kg menunjukan adanya disparitas harga yang sangat tinggi. Hal tersebut menurut Kementan harus menjadi perhatian seluruh stakeholder untuk menyikapi disparitas harga tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper