Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ACI : Bandara Peraih ASQ Awards Memiliki Standar Tinggi

Director General Airport Council International World Angela Gittens mengatakan, penghargaan Airport Service Quality merupakan penghormatan tertinggi bagi operator bandara di dunia.
Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan, Balikpapan, Kaltim./Antara
Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan, Balikpapan, Kaltim./Antara

Bisnis.com, DENPASAR--Airport Council International menyebutkan bandara yang memperoleh penghargaan dalam ajang Airport Service Quality Awards dinilai telah mampu melayani penumpang dengan standar tingkat tinggi.

Director General Airport Council International (ACI) World Angela Gittens mengatakan bahwa penghargaan Airport Service Quality (ASQ) merupakan penghormatan tertinggi bagi operator bandara di seluruh dunia. Bandara tersebut sebelumnya telah mendapatkan akreditasi dari program Airport Customer Experience Accreditation.

"Bandara yang menerima penghargaan ini telah berhasil merespons kebutuhan penumpang yang terus berubah dengan memberikan layanan dan kinerja yang lebih baik,” kata Gittens, Kamis (5/9/2019).

Menurutnya, ACI adalah asosiasi operator bandara tingkat dunia. Menurutnya, bandara-bandara penerima penghargaan telah memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Layanan merupakan business tools yang penting dalam industri penerbangan yang semakin kompetitif.

Sejak 2006, survei ASQ telah melakukan penilaian kepuasan penumpang terhadap layanan bandara-bandara di seluruh dunia. Adapun, 74 persen dari 100 bandara tersibuk dunia merupakan bagian dari jaringan ASQ. Setiap tahun, program ini mewawancarai 600.000 pengguna jasa bandara dalam 42 bahasa di 84 negara di dunia.

Bandara nasional yang mendapatkan penghargaan itu adalah Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bandara Sultan Thaha Jambi, Bandara Depati Amir – Pangkalpinang, Bandara Silangit Siborong-borong, dan Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang.

ASQ Award yang termasuk dalam rangkaian acara ACI Customer Experience Global Summit 2019 diselenggarakan di Bali, dengan PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai tuan rumah.

Tahun ini, AP I dipercaya ACI sebagai operator bandara pertama di Asia-Pasifik sebagai tuan rumah Customer Experience Global Summit 2019. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 2--5 September 2019 di Bali.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 400 delegasi dari seluruh dunia. Mereka akan mengeksplorasi praktik bisnis terbaik (best practice) di industri ini dalam memberikan pengalaman perjalanan penumpang lebih baik di bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper