Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Bandara Angkasa Pura I Raih Penghargaan, Ini Penilaian ACI

Director General of Airport Council International (ACI) Angela Gittens menilai Angkasa Pura I telah menunjukkan banyak peningkatan dalam kualitas layanan penumpang.
Sejumlah pesawat terparkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (20/3/2018)./ANTARA-Wira Suryantala
Sejumlah pesawat terparkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (20/3/2018)./ANTARA-Wira Suryantala

Bisnis.com, DENPASAR--Airport Council International menilai PT Angkasa Pura I (Persero) menunjukkan komitmen yang maksimal terkait dengan pelayanan penumpang selama mengikuti Airport Service Quality (ASQ) Awards dalam beberapa tahun terakhir. 

Director General of Airport Council International (ACI) Angela Gittens mengatakan bahwa selama mengikuti ASQ mereka telah menunjukkan banyak peningkatan dalam kualitas layanan penumpang.

"Tahun ini ada 10 bandara mereka yang berhasil mendapatkan akreditasi Customer Experience Accreditation. Biasanya operator bandara lain hanya ada satu bandara yang diakreditasi," katanya di Denpasar, Rabu (4/9/2019).

Dia menambahkan hal tersebut menunjukkan pelayanan dalam pengelolaan kebandarudaraan maupun pengalaman dalam melayani penumpang sudah teruji.

Kesepuluh bandara yang meraih penghargaan adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Lombok Praya, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Pattimura Ambon, dan Bandara El Tari Kupang.

Airport Customer Experience Accreditation adalah program akreditasi multilevel yang digunakan untuk mengukur maturity atau kedewasaan bandara dalam hal manajemen customer experience dan kualitas layanan. Selain itu, merupakan program di dalam Airport Service Quality (ASQ).

Adapun, tujuan akreditasi tersebut adalah memberikan suatu alat pemasaran untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan pentingnya peran stakeholder dalam meningkatkan layanan kepada penumpang. Selain itu, membangun sebuah proses audit untuk menciptakan framework umum untuk management customer experience.

Program akreditasi dinilai sangat penting guna meningkatkan pengalaman perjalanan penumpang di bandara. Terlebih, bandara berhubungan dengan beragam organisasi dan stakeholder dengan standar obyektif yang berbeda, sehingga penting untuk memiliki pemahaman yang sama melalui akreditasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper