Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jakarta Tak Lagi Jadi Ibu Kota, Bisnis Properti Diyakini Bisa Tumbuh Lebih Pesat

Pasar properti Jakarta justru akan lebih hidup. Apalagi, Presiden Joko Widodo juga sudah menjanjikan bahwa Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan.
Suasana Bundaran HI yang lengang/Antara
Suasana Bundaran HI yang lengang/Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Ditinggalkan pusat pemerintahan ke Kalimantan Timur, properti Jakarta malah berpotensi tumbuh makin pesat.

Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Lukas Bong mengatakan bahwa setelah pusat pemerintahan pindah, Jakarta bisa lebih tertib, ini menjadi pertanda dan potensi yang sangat baik untuk Jakarta.

“Kan nanti kantor-kantor pemerintahan bakalan kosong, ini bisa disewakan untuk perusahaan-perusahaan yang sedang ekspansi, terutama perusahaan asing di Indonesia,” katanya kepada Bisnis, Kamis (29/8/2019).

Dengan posisi properti pemerintahan yang ditinggalkan di lokasi-lokasi yang strategis, harga tinggi tidak akan menjadi masalah bagi pengisi gedung-gedung, untuk apa pun peruntukannya, baik rumah tinggal, perkantoran, maupun kawasan komersial.

Selain itu, jika selama ini banyak demo yang menyerang kantor pemerintahan sehingga pihak keamanan harus menutup sejumlah ruas jalan, dengan ibu kota negara dipindahkan ke Kalimantan Timur, hal itu bisa dihindari. Jalanan di Jakarta bisa menjadi lebih lancar dan tertata.

“Hal ini imbasnya baik sekali, bisnis jadi lebih lancar, investor yang mau masuk juga lebih tenang. Mereka kan takut sama demo-demo, kalau sudah enggak ada kan lebih aman,” kata Lukas.

Lukas menyebutkan bahwa setelah pindah ibu kota, pasar properti Jakarta justru akan lebih hidup.

Apalagi, Presiden Joko Widodo juga sudah menjanjikan bahwa Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan.

Jakarta tak akan ditinggalkan, akan dikembangkan terus menjadi pusat bisnis, pusat keuangan, perdagangan, dan jasa berskala regional dan global. Dengan begitu, Jakarta tak akan diabaikan sehingga harga properti di Jakarta pun tak akan turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper