Antisipasi Bahaya, PLN Bentuk Komunitas Peduli Listrik

Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, kini memiliki Komunitas Peduli Listrik dan Juru Pemantau Listrik (Jumantrik). Komunitas ini bertugas mengawasi dan mengontrol instalasi kelistrikan di wilayah tersebut.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 30 Agustus 2019  |  14:25 WIB
Antisipasi Bahaya, PLN Bentuk Komunitas Peduli Listrik
PT PLN (Persero) meluncurkan Komunitas Peduli Listrik dan Juru Pemantau Listrik di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (30/8/2019). - Bisnis/Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, JAKARTA – Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, kini memiliki Komunitas Peduli Listrik dan Juru Pemantau Listrik (Jumantrik). Komunitas ini bertugas mengawasi dan mengontrol instalasi kelistrikan di wilayah tersebut.

Komunitas Peduli Listrik dan Jumantrik merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) PLN. Komunitas Peduli Listrik dan Jumantrik di Kebayoran Lama merupakan yang pertama kali dibentuk.

Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali menilai instalasi kelistrikan perlu diawasi dengan baik agar tidak menimbulkan bahaya di masyarakat.

Pasalnya, 70% kebakaran yang terjadi suatu pemukiman diawali dari adanya korsleting listrik. Masyarakat yang mendapat edukasi mengenai kondisi instalasi kelsitrikan akan meminimalkan dampak buruk dari kemungkinan adanya gangguan instlasi.

"Memang ini bukan kewenangan PLN, tapi PLN membantu masyarakat untuk memeriksa jaringan dalam rumah, mudah-mudahan ini membantu safety rumah-rumah," katanya saat peluncuran perdana Komunitas Peduli Listrik dan Jumantrik di Kemayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (30/8/2019).

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto W.S. mengatakan selain meluncurkan Komunitas Peduli Listrik dan Jumantrik, perseroan juga memeriksa 3.000 instalasi kelistrikan di wilayah tersebut.

PLN akan mengedukasi masyarakat agar dapat memantau kondisi instalasi listrik di masing-masing rumah sehingga bahaya dapat dikurangi.

Komunitas Peduli Listrik dan Jumantrik juga akan diperluas di seluruh wilayah Jakarta. "Dengan dana CSR PLN kami akan mengembangkan tiap tahun. Kami mau arahan Pak Walikota mana yang rawan sehingga betul-betul bantuan PLN bermanfaat untuk masyarakat," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN, listrik

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top