Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Listrik Padam Kembali Terjadi di Jakarta, Apa Penyebabnya?

Listrik padam kembali terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada siang ini.
Pelanggan memeriksa jaringan listrik PLN di salah satu Rusun di Jakarta, Selasa (11/6/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat
Pelanggan memeriksa jaringan listrik PLN di salah satu Rusun di Jakarta, Selasa (11/6/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Listrik padam kembali terjadi pada sejumlah wilayah di Jakarta pada siang ini.

Plt. Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani mengatakan listrik padamterjadi karena gangguan pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTGU) Muara Karang. 

Menurutnya, gangguan tersebut terjadi sekitar pukul 14.11 WIB. Saat ini aliran listrik dari pembangkit tersebut sudah mulai masuk ke sistem. 

Wilayah terdampak meliputi Jakarta Pusat, sebagian Jakarta Selatan, sebagian Jakarta Barat, dan sebagian Tanggerang Selatan

"Gangguan baru sekitar 5 menit lalu, Kebon Jeruk sudah masuk [listrik] dan kembali bertegangan," katanya di sela-sela rapat kerja dengan Menteri ESDM dan Komisi VII DPR RI, Rabu (28/8/2019). 

Sebelumnya, beredar surat edaran yang mengatasnamakan PLN mengenai waktu dan lokasi pemadaman terencana. Surat tersebut menyebutkan bahwa PLN menyewakan atau jual beli generator set (genset). 

Dalam surat dijelaskan PLN siap membantu penyaluran listrik dengan penyewaan genset. Masyarakat akan dipinjamkan genset sampai listrik menyala normal kembali. 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya M. Ikhsan Asaad menegaskan bahwa PLN, khususnya PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, tidak pernah menyewakan atau melakukan transaksi jual beli genset. Pelanggan yang menerima surat penipuan tersebut bisa mengkonfirmasi kebenarannya melalui Contact Center 123 atau mendatangi kantor PLN terdekat.

"Bagi pelanggan PLN yang mendapat surat penyewaan atau jual beli genset mohon untuk diabaikan. Itu adalah modus penipuan dari oknum tertentu. Kami mohon tetap waspada dan jika ragu hubungi CC 123 atau datang kantor PLN terdekat," katanya

Menurutnya, pemadaman terencana yang dilakukan PLN merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan untuk inspeksi dan pemeliharaan jaringan listrik demi menjaga kontinuitas keandalan pasokan listrik. Apabila pemadaman terencana akan dilakukan, PLN akan memberikan informasi melalui surat resmi kepada tokoh masyarakat setempat.

"Bagi masyarakat PLN di Jakarta dan sekitarnya bisa mengakses https://pelita.plnjaya.co.id atau melalui aplikasi PLN Mobile untuk mengetahui informasi pemadaman listrik terencana maupun karena gangguan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper