Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kurangi Ketergantungan Impor, Korporasi Besar Sasar Industri Hulu Persusuan

Dewan Persusuan Nasional menilai kehadiran investasi merupakan bukti bahwa industri persusuan memiliki prospek yang baik, khususnya untuk pasar konsumen susu segar. 
Sapi Perah/Bisnis
Sapi Perah/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA Dewan Persusuan Nasional menilai kehadiran investasi merupakan bukti bahwa industri persusuan memiliki prospek yang baik, khususnya untuk pasar konsumen susu segar. 

Ketua Dewan Persusuan Nasional Teguh Boediyana mengatakan masuknya para perusahaan besar di hulu industri ini merupakan upaya para pelaku usaha untuk mengurangi ketergantungan pada susu impor dan pasokan dari peternak rakyat. 

“Susu segar ke depan punya pasar yang bagus, terutama di kalangan kelas menengah ke atas, harganya saja sampai Rp35.000/liter di tingkat ritel. Mereka punya segmen sendiri sehingga prospeknya luar biasa. Kalau di Amerika atau di Eropa, yang dikonsumsi itu kan susu segar,” kata Teguh saat dihubungi Bisnis, Jumat (23/8/2019). 

Berdasarkan catatan outlook susu sapi Kementerian Pertanian, pertumbuhan kebutuhan susu sapi diperkirakan tumbuh lebih dari 5 persen setiap tahunnya. Sementara itu, laju pertumbuhan produksi dalam negeri diproyeksi tumbuh hanya di angka 2 persen. 

Teguh tak memungkiri jika keberadaan investasi dari perusahaan besar tersebut turut berkontribusi dalam produksi susu nasional. Pertambahan itu dia sebut didukung dengan importasi sapi perah yang dilakukan oleh perusahaan pengolahan susu seperti Greenfields dan Great Giant Livestock di beberapa daerah. 

Ia pun menyebutkan industri dalam skala menengah lokal pun menunjukkan minat untuk melakukan investasi lebih di sisi hulu. USDA melaporkan ekspansi peternakan besar terintegrasi dalam tiga bulan terakhir pada 2017 setidaknya berhasil menggenjot produksi susu dari 651.990 ton pada 2017 dan menjadi 678.770 ton pada 2018. 

Korporasi besar hanya memiliki 10% sapi perah dari total populasi yang tercatat, namun berkontribusi pada 23 persen produksi susu segar. USDA mencatat efisiensi tersebut didukung dengan tingkat produktivitas sapi perah yang bisa mencapai 20 liter/ ekor/hari. 

“Sudah banyak perusahaan yang mengembangkan sapi perah dengan cara modern. Contohnya di Subang, ada beberapa perusahaan yang investasi dalam skala besar, begitu pula di Sumatera Utara. Perusahaan lokal juga ada yang sudah merintis usaha produksi hulu,” kata Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper