Tiga Blok Migas yang Belum Dapat Pemenang Akan Dilelang Kembali

Tiga wilayah kerja (WK) migas yang belum mendapatkan peminat pada lelang tahap II 2019 akan kembali ditawarkan pada lelang tahap selanjutnya. 
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 26 Agustus 2019  |  19:47 WIB
Tiga Blok Migas yang Belum Dapat Pemenang Akan Dilelang Kembali
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA Tiga wilayah kerja (WK) migas yang belum mendapatkan peminat pada lelang tahap II 2019 akan kembali ditawarkan pada lelang tahap selanjutnya. 

Adapun dari empat WK migas yang dilelang pada tahap II 2019, hanya satu yang mendapatkan pemenang, yakni WK West Ganal dengan pemenang lelang konsorsium Eni Indonesia Ltd, PT Pertamina (Persero), dan Neptune Energy. 

Tiga WK lainnya, yakni Bone, Kutai, dan West Kampar akan kembali dilelang pada tahap selanjutnya. WK Bone dan Kutai merupakan wilayah kerja eksplorasi, sedangkan West Kampar.

Wakil Menteri Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan sebenarnya peminat lelang pada tiga wilayah kerja tersebut cukup banyak. Hanya saja, pemerintah mencari pemenang lelang dengan bonus tanda tangan (signature bonus) dan komitmen pasti sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. 

Adapun WK West Kampar berlokasi di Riau dan Sumatera Utara. Blok migas ini terakhir berproduksi pada 27 Maret 2017 sebanyak 112 barel minyak per hari (BOPD). Pemerintah menetapkan bonus tanda tangan minimal US$5 juta dan komitmen pasti minimal US$64,43 juta. 

WK Kutai berlokasi di daratan dan lepas pantai Kalimantan Timur dengan signature bonus minimal US$2,5 juta. Sementara itu, WK Bone berlokasi di lepas pantai Sulawesi Selatan dengan signature bonus minimal US$2,5 juta. 

Menurutnya, peminat tiga wilayah kerja tersebut menginginkan lebih banyak waktu dan syarat nilai signature bonus yang lebih rendah. Sementara itu, pemerintah ingin memastikan penerimaan negara yang tinggi dari lelang wilayah kerja tersebut. 

"Kita menginginkan kualitas dari lelang ini. Semoga yang tiga wilayah kerja bisa kita tingkatkan kualitas [penawaran] yang bisa menghasilkan PNBP yang lebih baik untuk negara," katanya, Senin (26/8/2019). 

Arcandra optimistis pada lelang tahap selanjutnya, ketiga wilayah kerja tersebut akan mendapatkan pemenang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
migas

Editor : Lucky Leonard

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top